Penulis Utama : R. Gustav Rinaldi
NIM / NIP : K2316043
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan computational thinking dalam pembelajaran fisika pada materi gerak parabola di kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2019/2020, (2) mendeskripsikan tantangan yang ditemui siswa dalam pembelajaran fisika yang menggunakan pendekatan computational thinking pada materi gerak parabola di kelas X MIPA 8 SMA Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus eksploratori dengan desain kasus tunggal terjalin. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif berupa kondisi awal siswa, deskripsi pelaksanaan pembelajaran dan tantangan siswa, serta pendapat siswa. Data diperoleh menggunakan teknik kuisioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru fisika X MIPA 8 serta teman sejawat yang menjadi observer penelitian. Teknik validasi dalam penelitian ini adalah triangulasi metode, perpanjangan waktu penelitian, deskripsi yang kaya, dan audit eksternal. Analisis data dilaksanakan melalui langkah memperisapkan data, mengkode data, membuat deskripsi dan tema, menyajikan temuan, dan menginterpretasi temuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fisika materi gerak parabola dilaksanakan melalui 9 praktik computational thinking yaitu uraian masalah, pengumpulan data, analisis data, representasi data, abstraksi, simulasi, automasi, berpikir algoritmik, dan paralelisasi. Siswa menghadapi tantangan di hampir semua bentuk praktik. Simpulan penelitian mengungkapkan bahwa pendekatan computational thinking dalam pembelajaran fisika materi gerak parabola dapat dilaksanakan meskipun para siswa masih menghadapi beberapa tantangan. Bentuk tantangan yang dihadapi siswa adalah pengetahuan siswa tentang teknologi, pengetahuan awal siswa, sikap siswa, pengalaman siswa tentang pendekatan pembelajaran. Dalam menggunakan pendekatan computational thinking, disarankan untuk membiasakan siswa dengan kegiatan yang melibatkan teknologi, memberikan bimbingan yang sesuai, menggunakan masalah yang lebih kontekstual, dan membiasakan siswa dengan pendekatan ilmiah terlebih dahulu.

Kata kunci: Pendekatan Computational Thinking, Tantangan Siswa, Studi Kasus.

 

×
Penulis Utama : R. Gustav Rinaldi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316043
Tahun : 2020
Judul : Pelaksanaan Pendekatan Computational Thinking dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Parabola (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Fisika - K2316043- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ahmad Fauzi, M.Pd.
2. Drs. H. Makmur Sugeng, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.