Penulis Utama : Choyrul Anwar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516014
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Praktik Kerja Lapangan Peserta Didik Kelas XII Tahun Pelajaran 2019/2020 SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Mesin - K2516014- 2020
Subyek : IMPLEMENTASI, EVALUASI CIPP, PRAKTIK KERJA LAPANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan dengan mengevaluasi aspek konteks, aspek input, aspek proses dan aspek produk program Praktik Kerja Lapangan. Tempat untuk melakukan penelitian ini di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar jurusan Teknik Kendaraan Ringan kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan menggunakan data kuantitatif serta kualitatif dan dokumentasi sebagai pendukung. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu peserta didik kelas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar, pembimbing dari industri serta guru pembimbing peserta didik. Teknik pengumpulan data  menggunakan kuesioner untuk mencari data utama serta wawancara dan dokumentasi sebagai pendukung. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas logika. Teknik analisis kuesioner menggunakan teknik analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Praktik Kerja Lapangan berjalan dengan baik dan lancar. Pertama, evaluasi aspek konteks secara keseluruhan masuk dalam kategori baik sekali. Perlu adanya peningkatan karakteristik peserta didik dari segi kesiapan pengetahuan, keterampilan serta minat peserta didik. Kedua, evaluasi aspek input program Praktik Kerja Lapangan secara keseluruhan masuk dalam kategori baik sekali. Pemilihan tempat industri untuk menjalankan program Praktik Kerja Lapangan perlu ditingkatkan dengan membuat MoU dengan industri besar serta penyiapan bekal pengetahuan dan keterampilan dasar juga perlu ditingkatkan. Ketiga, evaluasi aspek proses program Praktik Kerja Lapangan secara keseluruhan masuk dalam kategori baik. Peran peserta didik dan peran pembimbing industri dalam membimbing peserta didik saat melakukan proses program Praktik Kerja Lapangan perlu ditingkatkan. Pemanfaatan sarana dan prasarana pada saat proses program Praktik Kerja Lapangan perlu dimaksimalkan. Keempat, evaluasi aspek produk program Praktik Kerja Lapangan secara keseluruhan masuk dalam kategori baik sekali. Perlu adanya peningkatan kedisiplinan, kerajinan serta tanggungjawab peserta didik.

Kata kunci : Implementasi, Evaluasi Cipp, Praktik Kerja Lapangan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T
2. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP