Penulis Utama : Ertonson Timothy Loblobly
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516022
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penggunaan Elektroliser Tipe Wet Cell dengan Variasi Larutan Elektrolit Terhadap Daya dan Torsi Sepeda Motor Jupiter Mx Tahun 2010
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Teknik Mesin - K2516022 - 2020
Subyek : ELEKTROLISER TIPE WET CELL, ELEKTROLISIS AIR, LARUTAN ELEKTROLIT, KATALIS, DAYA, TORSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh penggunaan Elektroliser tipe Wet Cell terhadap daya dan torsi sepeda motor Jupiter MX tahun 2010. Menyelidiki pengaruh variasi larutan elektrolit pada penggunaan Elektroliser tipe Wet Cell terhadap daya dan torsi sepeda motor Jupiter MX tahun 2010.
Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Otomotif Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta dan di PT. Motocourse Technology (MOTOTECH) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen. Sampel penelitian dengan menggunakan sepeda motor Jupiter MX tahun 2010. Alat eksperimen ini menggunakan Elektroliser tipe Wet Cell dengan menggunakan variasi larutan elektrolit air murni, KOH dan NaOH. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan Elektroliser tipe Wet Cell berpengaruh terhadap daya dan torsi sepeda motor Jupiter MX tahun 2010, yaitu diperoleh peningkatan daya sebesar 0,97 HP dan peningkatan torsi sebesar 1,88 N.m dibandingkan dengan pengujian kondisi mesin standar. Penggunaan larutan KOH 24 gram/liter pada Elektroliser tipe Wet Cell mempunyai tingkat kenaikan daya dan torsi paling tinggi dari variasi perbandingan larutan lainnya. Terjadi peningkatan daya sebesar 0,39 HP dan peningkatan torsi sebesar 0,3 N.m dibandingkan daya dan torsi pada penggunaan Elektroliser tipe Wet Cell dengan air sebagai larutan elektrolit tanpa katalis serta 1,36 HP dan 2,18 N.m dibandingkan daya dan torsi keadaan standar. Penggunaan larutan NaOH 24 gram/liter mempunyai tingkat kenaikan paling rendah dari variasi perbandingan larutan lainnya, terjadi peningkatan daya sebesar 1,33 HP dan 1,84 N.m dibandingkan daya dan torsi keadaan standar.

Kata Kunci: Elektroliser tipe Wet Cell, elektrolisis air, larutan elektrolit, katalis, daya, torsi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si.
2. Drs. Ranto, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP