Penulis Utama : Sandy Gilang Pradana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3111059
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Panduan Layanan Komitmen Mengerjakan Tugas Melalui Teknik Goal Setting pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3111059 - 2020
Subyek : PANDUAN LAYANAN KOMITMEN MENGERJAKAN TUGAS, TEKNIK GOAL SETTING, SISWA SMP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe-1 panduan layanan komitmen mengerjakan tugas melalui teknik goal setting pada siswa sekolah menengah pertama (SMP) yang siap diuji validitas, keefektifan, dan kepraktisan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall, namun hanya sampai tahap pra pengembangan yaitu pada fase desain pembuatan produk. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP se-Eks Karesidenan Surakarta kelas VII, VIII, dan IX, orang tua siswa, dan guru bimbingan dan konseling. Data yang berupa tingkat kebutuhan dan kepentingan layanan bimbingan dan konseling menurut siswa, orang tua, dan guru bimbingan dan konseling dikumpulkan menggunakan angket kebutuhan dan kepentingan siswa terhadap lima bidang pengembangan diri yakni bidang akademik, karir, pribadi, sosial, dan spiritual. Analisis data yang digunakan adalah presentase dan perangkingan untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan siswa SMP menurut siswa, orang tua, dan guru bimbingan dan konseling. Selanjutnya dilakukan kajian teoritik untuk menentukan teknik yang relevan untuk memotivasi siswa mengerjakan tugas dan mencapai prestasi belajar yang baik. Penelitian dan pengembangan dibatasi pada komitmen mengerjakan tugas.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, hasil kajian empirik memuat hasil survei yang menunjukkan 1756 responden (56,50%) sangat membutuhkan dan 1765 responden (56,77%) sangat merasa penting terhadap pengembangan komitmen mengerjakan tugas berdasarkan siswa, orang tua, dan guru bimbingan dan konseling. Kedua, hasil kajian teoritik mengenai komitmen mengerjakan dan teknik goal setting meliputi pengertian komitmen mengerjakan tugas, faktor yang mempengaruhi komitmen mengerjakan tugas, aspek-aspek komitmen mengerjakan tugas, kharakteristik komitmen mengerjakan tugas, pengertian teknik goal setting, langkah-langkah goal setting, prinsip teknik goal setting, kharakteristik teknik goal setting yang baik. Ketiga, berdasarkan hasil analisis kajian empirik dan kajian teoritik dapat dikembangkan produk berupa Buku Panduan Layanan Komitmen Mengerjakan Tugas Melalui Teknik Goal Setting Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya yang berminat untuk melakukan uji validitas, keefektifan, dan kepraktisan terhadap produk yang dikembangkan.

Kata kunci: panduan layanan komitmen mengerjakan tugas, teknik goal setting, siswa SMP

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
2. Dra. Chadidjah H. A., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP