Penulis Utama : Pratiwi Kusumaning Tyas
NIM / NIP : K3114038
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji Keefektifan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Sikap Asertif Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian metode pretest posttest matching control group design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berjumlah delapan belas peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. lnstrumen pengumpulan data menggunakan angket tingkat sikap asertif. Analisis data menggunakan Mann-Whitney dengan bantuan SPSS 20.
Berdasarkan hasil analisis uji Mann-Whitney diketahui ada perbedaan gain score antara kedua kelompok karena nilai asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0>Simpulan yang dapat diambil dari hasil analisis yaitu Teknik Psikodrama Efektif untuk Meningkatkan Sikap Asertif Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Sukoharjo. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi literatur pada penelitian selanjutnya tentang kegunaan teknik psikodrama untuk meningkatkan tingkat sikap aertif peserta didik.

Kata kunci: Psikodrama, Tingkat Sikap Asertif, Peserta Didik SMK

 

×
Penulis Utama : Pratiwi Kusumaning Tyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114038
Tahun : 2020
Judul : Keefektifan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Sikap Asertif Peserta Didik Kelas XI SMK N 1 Sukoharjo Tahun 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Bimbingan dan Konseling - K3114038 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Asrowi, M.Pd.
2. Agus Tri Susilo, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.