Penulis Utama : Ratrika Cinta Angela De Merici
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5116051
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Project Based Learning Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Tunarungu Kelas VIII SLB Ma’arif Muntilan Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - K5116051 - 2020
Subyek : PROJECT BASED LEARNING, SISWA TUNARUNGU, PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VIII di SLB Ma’Arif Muntilan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini yaitu enam orang siswa tunarungu kelas VIII SLB Ma'arif Muntilan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik tes berupa tes isian. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan aplikasi SPSS 24.
Uji hipotesis dalam penelitian menunjukkan bahwa penguasaan kosakata Bahasa Inggris memiliki nilai p-hitung sebesar 0,027 dengan taraf signifikansi 0,05. Nilai probabilitas p-hitung lebih kecil dibandingkan probabilitas yang ditentukan, sehingga berdasarkan rumus pengujian hipotesis, dinyatakan bahwa hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu penggunaan Project Based Learning berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa tunarungu kelas VIII SLB Ma'arif Muntilan tahun ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: project based learning, siswa tunarungu, penguasaan kosakata Bahasa Inggris

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, S.Pd., M.Si.
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP