Penulis Utama : Rasyid Akbar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115047
Tahun : 2020
Judul : Pesan Moral Lima Cerkak dalam Antologi Cerkak Menyok Lan Bothekan Karya Nardi (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0115047 - 2020
Subyek : CERKAK, PESAN MORAL, SOSIOLOGI SASTRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) Unsur-unsur struktural lima judul cerkak dalam antologi cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi menurut teori Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, dan ironi), (2) Pesan moral yang terkandung dalam lima judul cerkak dalam antologi cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi menurut teori Franz Magnis Suseno, (3) Pengaruh sosiologi pengarang terhadap lima judul cerkak dalam antologi cerkak Menyok lan Bothekan menurut teori Ian Watt.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan : (1) Unsur-unsur struktural lima judul cerkak dalam antologi cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi menurut teori Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, dan ironi), (2) Pesan moral yang terkandung dalam lima judul cerkak dalam antologi cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi menurut teori Franz Magnis Suseno, (3) Pengaruh sosiologi pengarang terhadap lima judul cerkak dalam antologi cerkak Menyok lan Bothekan menurut teori Ian Watt.

Landasan teori yaitu cerpen atau cerkak, pendekatan struktural Robert Stanton, pendekatan sosiologi sastra, ajaran moral, dan biografi pengarang. Sumber data adalah lima judul cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi yang diterbitkan oleh Sanggar Sastra Pamarsudi Sastra Jawi Bojonegoro bersama dengan Penerbit Azzagrafika pada tahun 2016 dan pengarang cerkak yaitu Bapak Nardi yang bertempat tinggal di Bojonegoro. Data dalam penelitian ini adalah teks lima cerkak karya Nardi dan unsur-unsur intrinsik yang meliputi yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandangan, gaya dan tone, ironi). Beserta aspek-aspek unsur sosiologi sastra yaitu pesan moral dalam cerkak; dan hasil wawancara dengan pengarang kelima cerkak yaitu Bapak Nardi yang bertempat tinggal di Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yaitu teknik analisis isi dan teknik wawancara, teknik analisis data yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian sastra dengan metode deskriptif kualitatif, data-data yang dikumpulkan berwujud kata-kata bukan angka. Penelitian ini akan menganalisis lima judul cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi dengan membongkar unsur struktural dari Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita yang meliputi alur, karakter, latar, tema, serta sarana-sarana sastra yang meliputi judul, sudut pandang, gaya dan tone, serta ironi. Pesan moral yang terdapat pada lima judul cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi. Pengaruh sosiologi pengarang dalam karya.

Analisis ini dapat ditarik kesimpulan, yaitu (1) Segi struktural lima judul cerkak Menyok lan Bothekan karya Nardi menunjukkan adanya hubungan yang sangat erat dan saling terkait secara utuh antara unsur satu dengan yang lainnya. Unsur dalam cerkak ini meliputi fakta-fakta cerita yang meliputi karakter, latar atau setting, alur, tema dan sarana-sarana sastra yang meliputi judul, sudut pandang, gaya dan tone, serta ironi, (2) Mengandung berbagai macam pesan moral yang disampaikan oleh pengarang. (3) Sosiologi pengarang sangat berpengaruh dalam penciptaan karya sastra.

Kata kunci : Cerkak, Pesan moral, Sosiologi sastra

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S.,M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya