Penulis Utama : Agus Widiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116004
Tahun : 2020
Judul : Frasa Eksosentris Bahasa Jawa dalam Novel Lamtara-Lamtara Pinggir Desa Karya Sri Setya Rahayu: Kajian Sintaksis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0116004 - 2020
Subyek : FRASA EKSOSENTRIS, TIPE, FUNGSI, DAN MAKNA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah tipe konstruksi frasa eksosentris bahasa Jawa dalam novel LLPD karya Sri Setya Rahayu? (2) bagaimanakah fungsi frasa eksosentris bahasa Jawa dalam novel LLPD karya Sri Setya Rahayu? dan (3) bagaimanakah hubungan makna antarunsur-unsur yang membentuk frasa eksosentris bahasa Jawa dalam kalimat yang terdapat dalam novel LLPD karya Sri Setya Rahayu? Di samping itu, tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan (1) tipe konstruksi frasa eksosentris bahasa Jawa dalam novel LLPD karya Sri Setya Rahayu, (2) fungsi frasa eksosentris bahasa Jawa dalam novel LLPD karya Sri Setya Rahayu, dan (3) hubungan makna antarunsur-unsur yang  membentuk  frasa  eksosentris  bahasa  Jawa  dalam  kalimat  yang  terdapat dalam novel LLPD karya Sri Setya Rahayu.
Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen utama dan instrumen bantu. Data penelitian ini ialah data tulis yang berupa kalimat yang mengandung frasa eksosentris bahasa Jawa, sedangkan sumber datanya ialah novel LPPD karya Sri Setya Rahayu. Metode pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu metode simak. Metode analisis data pada penelitian ini, yaitu metode agih dan metode padan. Penyajian data pada penelitian ini terdiri dari metode formal dan metode nonformal.
Hasil penelitian ini terdiri dari tiga perihal. Pertama, pada novel LLPD ditemukan enam jenis tipe frasa eksosentris bahasa Jawa, yaitu FEDP, FEDK, FEN, FEK, FEI, dan FEM. FEDP terdiri dari tujuh belas bentuk U1  dan enam bentuk U2. FEDK memiliki sembilan bentuk U1 dan lima bentuk U2. FEN terdiri dari  dua  bentuk  U1    dan  empat  bentuk  U2.  FEK  mempunyai  dua  bentuk berdasarkan U2-nya. FEI terdiri dari dua bentuk menurut U1 dan U2. FEM mempunyai dua jenis berdasarkan masing-masing U1 dan U2. Kedua, fungsi sintaksis frasa eksosentris bahasa Jawa dalam novel LLPD, yaitu S, P, O, Pel., dan K. Lima fungsi sintaksis itu diduduki oleh enam tipe frasa eksosentris bahasa Jawa yang berbeda-beda. Ketiga, hubungan makna antarunsur-unsur yang membentuk frasa eksosentris bahasa Jawa yang terdapat pada novel LLPD dapat diklasifisikan berdasarkan tipenya. Tipe FEDP terdapat tujuh belas makna, yaitu instrumentalis, arah, asal, batas akhir, perantara, penyamaan, peruntukan, waktu, kecaraan, tempat, pelaku, sebab, perbandingan, perihal, dasar, perkiraan, dan kesertaan.  FEDK  mempunyai  makna  perturutan,  perlawanan,  sebab, perbandingan, syarat, konsesif, tujuan, waktu, dan perkecualian. Tipe FEN mempunyai dua makna, yaitu tunggal dan kelompok. Tipe FEK bermakna komplementasi. FEI bermakna objektif, komparatif, kontrastif, dan aditif. Tipe FEM mempunyai makna yang terbentuk dari perpaduan tipe-tipe frasa eksosentris bahasa Jawa yang lain.

Kata kunci: Frasa Eksosentris, Tipe, Fungsi, Dan Makna

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II .pdf
BAB III.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sujono, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya