Penulis Utama : Ika Apri Setya Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116033
Tahun : 2020
Judul : Ekspresi Verbal dan Nonverbal dalam Tradisi Kirab Brajabuwana di Padepokan Keris Brajabuwana Desa Wonosari Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar (Kajian Etnolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0116033 - 2020
Subyek : EKSPRESI VERBAL DAN NONVERBAL, TRADISI KIRAB BRAJABUWANA DI GONDANGREJO, KARANGANYAR, ETNOLINGUISTIK.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Permasalahan yang diba has pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses sebelum, saat, dan sesudah Tradisi K irab Brajabuwana di Padepokan Keris
Brajabuwana? (2) bagaimanakah ekspresi  verbal dan  nonverbal dala m Tradisi Kirab Brajabuwana di Padepokan Keris Brajabuwana? (3) bagaimanakah makna kultural  ekspresi  verbal  dan  nonverbal  dalam  Tradisi  K irab  Brajabuwana  di Padepokan Keris Brajabuwana? (4 ) mengapa ada Tradisi K irab Bra jabuwana di Padepokan Keris Brajabuwana,  Desa Wonosari,  Gondangrejo,  Karanganyar?
Tujuan dari penelitian  ini adalah: (1)  mendeskripsikan proses sebelum, saat, dan sesudah Tradisi K irab Brajabuwana. (2) mendeskripsikan ekspresi verbal dan  nonverbal terkait  Tradisi K irab  Brajabuwana.  (3)  mendeskripsikan  makna kultural ekspresi verbal dan  nonverbal terkait  Tradisi K irab  Brajabuwana.  (4) mendeskripsikan  faktor dilaksanakan Tradisi K irab Brajabuwana di Padepokan Keris Brajabuwana,  Desa Wonosari, Gondangrejo,  Karanganyar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskripsi.
Data penelitian  ini berupa  Ekspresi verbal dan nonverbal yang terdapat dalam Tradisi  K irab   Brajabuwana.  S umber  data  berasal  dari  tuturan  narasumber, peristiwa  atau  kegiatan  pada  K irab   Brajabuwana,  dan  dokumentasi.Metode penyediaan data menggunakan metode observasi, wawancara dibantu dengan teknik rekam, catat, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode agih (distribusional), dan metode padan, jenis padan referensial, teknik lanjutan Pilah  Unsur  Penentu  (P UP)  referensial.  Penyajian data  menggunakan  metode formal dan informal.
Hasil dari penelitian ini ialah: (1) ada tiga kegiatandalam Tradisi K irab Brajabuwana      yakni     kegiatan     sebelum     K irab      Brajabuwana      yakni rewangan,kegiatan    saat    K irab    Brajabuwana    yakni   pelaksanaaan    K irab Brajabuwana, dan tahap setelah K irab Brajabuwana yaitu monitoring keberadaan keris pesanan.  (2) ekspresi  verbal tercermin  dalam doa,  yang  terdapat dalam Tradisi K irab Brajabuwana dibagi menjadi dua 1) ekspresi verbal saat meminta bantuan sebelum K irab Brajabuwana 2) ekspresi verbal yang tercermin dalam doa. tembang,  mantra  yang  terdapat  saat  K irab  Brajabuwana.  Ekspresi  nonverbal dibagi menjadi dua yang 1) berwujud perangkat sesaji terdapat 6 jenis yakni a) berwujud bunga b) berwujud buah dan sayur c) berwujud binatang d) berwujud makanan dan minuman e) berwujud daun-daunan f) berwujud barang dan alat. 2) tidak berwujud perangkat sesaji a) tercermin dalam kegiatan/aktivitas b) simbol warna. (3) makna kultural yang berdasarkan informasi dari Empu di Padepokan Keris Brajabuwana dan hasil interpretasi Peneliti  yang dilihat dari segi bentuk, budaya, dan filosofi. (4) ada lima faktor yang melatarbelakangi dilaksanakannya Tradisi K irab Brajabuwana yakni faktor budaya, spiritual, sosial, pariwisata, dan ekonomi.

Kata kunci: Ekspresi Verbal Dan Nonverbal,  Tradisi Kirab Brajabuwana  Di Gondangrejo,  Karanganyar,  Etnolinguistik.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sujono, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya