Penulis Utama : Lisa Nur Chasanah
NIM / NIP : B0116035
×

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif bahasa Jawa, faktor-faktor yang melatarbelakangi tindak tutur ekspresif bahasa Jawa, dan penerapan prinsip kesantunan dalam video Bats Channel di Youtube. Tujuan penelitian ini mencakup tiga hal, yaitu mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif bahasa Jawa, faktor-faktor yang melatarbelakangi adanya tindak tutur ekspresif  bahasa Jawa, dan penerapan prinsip kesantunan dalam video Bats Channel di Youtube.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa video Bats Channel di Youtube.  Data penelitian ini berwujud tuturan atau percakapan bahasa Jawa antartokoh beserta konteksnya dalam sumber data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode unduh dan simak dengan teknik dasar sadap, teknik lanjutan simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode padan pragmatik dan pendekatan kontekstual. Metode penyajian hasil analisis data bersifat formal dan informal.
Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal yaitu ditemukan 89 data tindak tutur ekspresif dengan 23 subtindak tutur ekspresif yang meliputi panik, mengejek, mengeluh, menyindir, senang, kesal, heran, kaget, terpesona, harapan, takut, minta maaf, mengucapkan terima kasih, marah, bersyukur, humor, mengritik, malu, sombong, memuji, pasrah, menolak, dan mengancam. Subtindak tutur ekspresif yang lebih dominan adalah kesal dan marah. Faktor-faktor yang melatarbelakangi tindak tutur ekspresif adalah 4 macam konteks penggunaan bahasa, yaitu konteks fisik, epistemis, linguistik, dan sosial. Konteks situasi yang terjadi cenderung pada konteks linguistik. Penggunaan prinsip kesantunan dalam sumber data diterapkan pada 5 maksim, yaitu maksim kebijaksanaan, kedermawanan, penghargaan, kesederhanaan, dan maksim permufakatan. Maksim yang diterapkan cenderung pada maksim kesederhanaan.

Kata kunci: Pragmatik, Tindak Tutur Ekspresif, Prinsip Kesantunan, Bats Channel.

 

×
Penulis Utama : Lisa Nur Chasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116035
Tahun : 2020
Judul : Tindak Tutur Ekspresif Bahasa Jawa dalam Video Bats Channel di Youtube (Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0116035 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.