Penulis Utama : Nanda Anjarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0116043
Tahun : 2020
Judul : Bahasa dalam Budaya Jawa Terkait Aktivitas Pertanian Padi di Desa Tladan Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan (Kajian Etnolinguistik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Daerah - B0116043 - 2020
Subyek : ETNOLINGUISTIK, PERTANIAN PADI, MAGETAN, TLADAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk bahasa dalam budaya Jawa terkait aktivitas pertanian padi di desa Tladan, kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan (2) mendeskripsikan arti leksikal, makna gramatikal, dan makna kultural yang terangkum dalam bahasa dan budaya Jawa terkait aktivitas pertanian padi di desa Tladan, kecamatan Kawedanan, kabupaten Magetan  (3)mendeskripsikan  pola  pikir,  pandangan  hidup,  dan  pandangan terhadap dunia masyarakat petani di desa Tladan, kecamatan Kawedanan, kabupaten Magetan.

Jenis penelitian ini adalah   penelitian dasar, taraf penelitian ini adalah deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah informan, peristiwa, dan data tertulis (pustaka) yang berupa kamus. Jenis data dalam penelitian ini berupa data lisan yang diperoleh dari informasi narasumber dan wujud data berupa gambar aktivitas pertanian padi di desa Tladan, kecamatan Kawedanan, kabupaten Magetan. Pengumpulan data dilakukan dengan, observasi kegiatan pertanian, metode cakap dan  studi  pustaka.  Metode  cakap  dengan  teknik  dasar  yang  digunakan  yakni teknik pancing, dan teknik lanjutannya yakni teknik cakap semuka, teknik rekam, dan teknik catat. Validitas data digunakan untuk memantapkan hasil penelitian. Metode yang digunakan untuk    menganalisis data adalah metode agih (distribusional) dan metode padan. Metode agih dengan teknik BUL (Bagi Unsur Langsung) digunakan untuk menganalisis bentuk bahasa terkait aktivitas pertanian padi. Sedangkan metode padan dengan teknik PUP (Pilah Unsur Penentu) digunakan untuk menganalisis arti leksikal dan makna kultural, serta pola pikir. Metode penyajian analisis data pada penelitian ini menggunakan metode formal dan informal.

Hasil analisis data penelitian ini adalah (1) bentuk bahasa berupa monomorfemis, polimorfemis,dan frasa yang terdapat dalam bahasa dalam budaya Jawa terkait aktivitas pertanian padi di desa Tladan, kecamatan Kawedanan, kabupaten Magetan (2) arti leksikal, makna gramatikal,dan makna kultural yang terdapat dalam bahasa dalam budaya Jawa terkait aktivitas pertanian padi di desa Tladan, kecamatan Kawedanan, kabupaten Magetan (3) pola pikir, pandangan hidup,  dan  pandangan  terhadap  dunia  masyarakat  petani  di  desa  Tladan, kecamatan Kawedanan, kabupaten Magetan.


Kata kunci: etnolinguistik, pertanian padi, Magetan, Tladan.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Supiyarno, M. A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya