Penulis Utama : Nur Fathina Ekasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215044
Tahun : 2020
Judul : Risalah Menyatakan Hukum Jimak: Suntingan Teks dan Analisis Kesantunan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0215044 - 2020
Subyek : NASKAH, TEKS, KESANTUNAN, JIMAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian teks Risalah Menyatakan Hukum Jimak dilakukan untuk menjawab pertanyaan mengenai suntingan naskah dan bahasa yang digunakan dalam teks tersebut  sangat  jelas.  Berdasarkan  inventarisasi  naskah  yang  telah dilakukan melalui studi katalog terbitan dan katalog daring dapat diketahui bahwa naskah RMHJ merupakan naskah tunggal. Oleh karena itu, metode penyuntingan teks yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode edisi standar.

Masalah yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu penyuntingan teks RMHJ dan cara penyampaian bahasa mengenai hubungan seksual yang terdapat dalam teks RMHJ menggunakan teori kesantunan Brown dan Levinson. Untuk menganalisis kesantunan berbahasa digunakan metode kontekstual. Metode kontekstual adalah cara analisis yang diterapkan pada data dengan mendasarkan, memperhitungkan, dan mengaitkan konteks.

Suntingan teks Risalah Menyatakan Hukum Jimak menghasilkan 5 kesalahan penulisan, yaitu 32 lakuna, 28 adisi, 139 subtitusi, 7 ditografi, dan 3 transposisi. Teks Risalah Menyatakan Hukum Jimak menggunakan bahasa Arab dan Melayu. Di sisi lain strategi kesantunan yang terdapat di dalam teks Risalah Menyatakan Hukum Jimak berupa strategi terus terang tanpa penyelamatan muka (Bold on record), strategi kesantunan positif (positive politeness), strategi kesantunan negatif (negative politeness), dan strategi samar-samar (off-record).

Kata kunci: Naskah, Teks, Kesantunan, Jimak

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Dafttar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sholeh Dasuki, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya