Penulis Utama : Alifah Talitha Shabrina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216006
Tahun : 2020
Judul : Syair Syaiban dan Zainab As-Syamiyyah: Suntingan Teks dan Kajian Estetika Melayu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216006 - 2020
Subyek : ESTETIKA MELAYU, SYAIR, FAEDAH, PERNIKAHAN, RUMAH TANGGA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yakni (1) Bagaimana suntinganteks Syair Syaiban dan Zainab Asy-Syamiyah? (2) Bagaimana aspek estetika Melayu dalam teks Syair Syaiban dan Zainab As-Sy?miyyah?
Tujuan penelitian ini mencakup dua hal, yakni  dalam penelitian ini adalah: (1) Menyajikan suntingan teks SSZA yang baik dan benar; (2) Mendeskripsikan nilai estetika yang terdapat dalam teks SSZA.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pemerolehan data, yaitu dengan teknik penangkapan layar menggunakan Snipping Tool pada laman daring British Library.Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian estetika Melayu klasik Braginsky dengan aspek keindahan, faedah, dan kesempurnaan jiwa.
Data penelitian ini berupa teks Syair Syaiban dan Zainab As-Sy?miyyah (selanjutnya disingkat SSZA). Naskah ini tersimpan di British Library dengan kode inventarisasi EAP153-6-2. SSZA merupakan teks Melayu yang diasumsikan sebagai hasil terjemahan dari teks yang berbahasa Arab. Teks SSZA ini berisi tentang panduan hubungan suami – istri yang terikat dalam pernikahan. Teks SSZA menggunakan bahasa yang erotis, tetapi teks tersebut tidak dianggap pornografi sebab terdapat penjelasan secara detail terkait dengan ilmu agama. Keunikan teks SSZA tersebut disalahartikan dan bahkan dianggap “vulgar” apabila dibandingkan dengan keberadaan naskah-naskah Melayu yang lain.
Metode yang digunakan adalah metode standar. Analisis yang telah dilakukan menghasilkan antara lain: (1) Konsep keindahan lebih melihat struktur syair dalam berupa bunyi, rima, pemilihan kata, dan satuan penyusun dalam sebuah kata yang dapat mempengaruhi kepuitisan karya sebagai penghibur hati. (2) Makna teks SSZA melalui konsep faedah dan kesempurnaan jiwa berisi tentang sepasang suami-istri untuk mengetahui pelajaran hidup berumah tangga yaitu, dalam berjimak dan poligami. Adapun dalam sebuah pernikahan ditujukan untuk mendapatkan ridha Allah Swt dan melebur dalam diri-Nya.
Syair Syaiban dan Zainab As-Sy?miyyah merupakan salah satu teks yang terdapat dalam naskah Bahwa Inilah Kitab Yang Dinamai Aka Dia Gemala Mestika Membahagi Pusaka. Naskah SSZA tersimpan di British Library dalam bentuk digital dengan kode EAP153-6-2. Kondisi naskah tergolong baik dan keterbacaan tulisan cukup jelas. penelitian ini menghasilkan adanya 3 aspek, yaitu keindahan, faedah, dan kesempurnaan jiwa. Isi teks SSZA dintaranya adalah hubungan suami – istri yang halal, hubungan yang halal antara selir atau istri madu, dan mengetahui kewajiban istri untuk melayani suami. Pengajaran yang ada dalam teks SSZA berbentuk narasi yang digambarkan dengan tokoh Syaiban, Zainab As-Sy?miyyah, dan Jariah. Penggambaran tokoh Syaiban dan Zainab melalui sifat dan sikapnya yang baik dalam membangun rumah tangga.

Kata kunci: Estetika Melayu, Syair, Faedah, Pernikahan, Rumah Tangga

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Asep Yudha Wirajaya, S.S., MA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya