Penulis Utama : Bias Asmoroningtyas
NIM / NIP : B0216013
×

Abstrak

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (i) Bagaimanakah strategi ketidaksantunan berbahasa dalam acara talkshow Brownis Trans TV?; dan (ii) bagaimanakah respons ketidaksantunan berbahasa dalam acara talkshow Brownis Trans TV?  
Tujuan dari penelitian ini mencakup dua hal, yakni: (i) Mendeskripsikan strategi ketidaksantunan berbahasa dalam acara talkshow Brownis Trans TV; dan (ii) mendeskripsikan respons ketidaksantunan berbahasa dalam acara talkshow Brownis Trans TV.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang mengandung strategi dan respons ketidaksantunan dari pembawa acara, pembaca berita, dan bintang tamu acara talkshow Brownis Trans TV. Sumber data yang digunakan, yaitu acara talkshow Brownis Trans TV yang ditayangkan pada bulan Agustus 2019. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik unduh. Metode analisis data yang digunakan ialah metode analisis kontekstual dan metode padan pragmatis.
Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini meliputi dua hal, yaitu: (i) strategi ketidaksantunan yang ditemukan dalam acara talkshow Brownis Trans TV, yakni strategi ketidaksantunan secara langsung, strategi ketidaksantunan positif, strategi ketidaksantunan negatif, dan strategi kesantunan semu atau sarkasme. Strategi ketidaksantunan positif meliputi tujuh substrategi, yaitu mengabaikan orang lain, mengecualikan, menunjukkan rasa ketidaktertarikan, menggunakan penanda identitas yang tidak tepat, mencari perselisihan dengan memilih topik sensitif, penggunaan umpatan/kata-kata kasar, dan sumpah serapah. Strategi ketidaksantunan negatif meliputi tujuh substrategi, yakni menakuti, merendahkan, mencibir, mengejek, memperlakukan dengan semena-mena, melanggar privasi, dan mencatat hutang pihak lain; (ii) respons ketidaksantunan yang ditemukan dalam acara talkshow Brownis Trans TV, yaitu respons menerima, respons ofensif, dan respons defensif.

Kata kunci: Ketidaksantunan, Strategi, Respons

 

×
Penulis Utama : Bias Asmoroningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216013
Tahun : 2020
Judul : Ketidaksantunan Berbahasa dalam Acara Talkshow Brownis Trans TV
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216013 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.