Penulis Utama : Mawar Tri Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216038
Tahun : 2020
Judul : Disfemisme dalam Kolom Komentar Akun Instagram @Officialkvibes
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216038 - 2020
Subyek : DISFEMISME, BENTUK DISFEMISME, TIPE DISFEMISME, FUNGSI DISFEMISME, INSTAGRA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena disfemisme yang terjadi dalam sosial media, khususnya Instagram. Fenomena disfemisme dalam sosial media yang semakin meningkat dengan berbagai penyebab, salah satunya fenomena fanwar merupakan hal yang mengkhawatirkan dan patut untuk diteliti. Permasalahan ini dipandang akan mempengaruhi penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam media sosial, khususnya Instagram.
Berdasarkan permasalahan tersebut, masalah yang diteliti adalah (i) bagaimana bentuk satuan gramatika disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes? (ii) bagaimana tipe disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes? dan (iii) bagaimana fungsi disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes? Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan bentuk satuan gramatika disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes, (ii) mendeskripsikan tipe disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes, dan (iii) mendeskripsikan fungsi disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang mengandung disfemisme. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah akun portal news K-Pop di Instagram, @officialkvibes. Metode penyediaan data dalam penelitian ini berupa metode simak dengan teknik SBLC dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik BUL, teknik lesap, dan teknik ganti, serta metode padan referensial dan translasional dengan teknik PUP. Sementara itu, hasil dari penelitian ini disajikan dengan metode informal.
Simpulan dari penelitian ini adalah: (i) bentuk satuan gramatika disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat; (ii) tipe disfemisme yang ditemukan dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes berupa tipe ekspresi figuratif, remodelling, kliping, akronim, omission, one for one substitions, hiperbola, kolokial, dan borrowing; dan (iii) fungsi disfemisme dalam kolom komentar akun instagram @officialkvibes berupa fungsi cemoohan (menghina, menyindir, merendahkan); fungsi menunjukkan kejengkelan; fungsi menunjukkan ketidaksetujuan; dan fungsi menunjukkan emosi lain (kagum, senang).

Kata kunci: Disfemisme, Bentuk Disfemisme, Tipe Disfemisme, Fungsi Disfemisme, Instagram @Officialkvibes

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bakdal Ginanjar, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya