Penulis Utama : Nurul Sholehah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216044
Tahun : 2020
Judul : Penamaan Ramuan Kembang dalam Kepercayaan Masyarakat Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216044 - 2020
Subyek : PENAMAAN, RAMUAN, BENTUK, MAKNA, KECAMATAN KERTEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Proses penamaan terhadap suatu hal atau benda sangat menarik untuk diteliti. Pemberian nama terhadap suatu objek tertentu tidak dapat terlepas dari latar belakang masyarakat pemilik serta peran bahasa di dalamnya. Penamaan ramuan dalam kepercayaan masyarakat di lingkungan Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo didominasi oleh istilah kembang, yang merupakan komponen utama. Adapun konsep penamaan terhadap ramuan ini didasarkan pada cara penggunaan ramuan, gejala atau penyakit yang ingin dihilangkan, fungsi ramuan, jumlah atau kelipatan, jenis komponen dalam ramuan, dan bentuk metaforis.
Nama-nama ramuan ini juga mengandung makna kultural yang berasal dari masyarakat pemilik. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dan termasuk dalam bentuk linguistik deskriptif. Data yang ditemukan berupa data lisan dengan menggunakan metode simak dan teknik simak libat cakap (SLC). Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini, yakni mendeskripsikan nama-nama ramuan, bentuk, dan makna kultural dalam penamaan ramuan kembang dalam kepercayaan masyarakat Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo.
Hasil analisis dari penelitian ini disimpulkan ditemukan sebanyak 14 nama ramuan dalam kepercayaan masyarakat Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Dalam hal bentuk, di dalamnya ditemukan adanya bentuk monomorfemis dan polimorfemis. Adapun proses penamaan terhadap ramuan oleh masyarakat setempat sebagian besar bermotif pada fungsi atau tujuan dari ramuan tersebut. Sementara itu, makna kultural dalam penamaan ramuan ini murni berasal dari masyarakat pemilik dan beberapa di antaranya tidak terlepas dari orientasi masyarakat terhadap ramuan tersebut.

Kata kunci : penamaan, ramuan, bentuk, makna, Kecamatan Kertek

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya