Penulis Utama : Tiffany Theresia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216056
Tahun : 2020
Judul : Hasrat Psikologis Penyair dalam Puisi Syair Penyair Pemanggul Mayat (2003) Karya Indra Tjahyadi: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - B0216056 - 2020
Subyek : SYAIR PENYAIR PEMANGGUL MAYAT, INDRA TJAHYADI, SIGMUND FREUD, PSIKOANALISIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Sastra merupakan karya seni yang kelahirannya dipengaruhi oleh unsur ketidaksadaran. Ketidaksadaran berasal dari keinginan-keinginan yang ditekan ataupun tidak tercapainya keinginan tersebut. Penelitian ini membatasi masalah pada simbol yang dibentuk melalui bahasa sebagai perwakilan psikologis Indra Tjahyadi yang dihadirkan dalam puisi Syair Penyair Pemanggul Mayat (2003). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasrat psikologis penyair melalui mekanisme mimpi pemindahan dan simbolisasi di dalam puisi Syair Penyair Pemanggul Mayat (2003) karya Indra Tjahyadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kutipan larik puisi Syair Penyair Pemanggul Mayat (2003). Data lain sebagai pendukung analisis adalah hasil wawancara dengan Indra Tjahyadi dan kerabat dekatnya.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah membaca, mencatat, dan wawancara. Analisis penelitian dilakukan berdasarkan data yang terkumpul, setelah itu klasifikasi data kemudian data diinterpretasi dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui bahasa metafora dan metonimi yang tertulis ditemukan bentuk pemindahan dan simbolisasi dalam puisi Syair Penyair Pemanggul Mayat (2003). Melalui bentuk-bentuk tersebut terdapat hasrat yang berusaha ditekan oleh Indra Tjahyadi. Hal tersebut merupakan hasil dari kenangan masa puncak Orde Baru tahun 1998, kemudian peran ketidaksadaran tersebut mendorong hasrat psikologis Indra Tjahyadi pada fase sebelum dewasa berupa pemikiran akan ketidaksepakatan, kebebasan, dan akhir kehidupan yang tercermin dalam puisi Syair Penyair Pemanggul Mayat (2003).

Kata Kunci: Syair Penyair Pemanggul Mayat, Indra Tjahyadi, Sigmund Freud, psikoanalisis

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya