Penulis Utama : Fitriani Setianing Widi
NIM / NIP : I8217015
×

ABSTRAK

Simpang empat bersinyal Jalan Kapten Mulyadi – Jalan Untung Suropati, Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu akses jalan masyarakat Surakarta dalam beraktifitas, sekaligus penghubung ke jalan-jalan lain. Tingginya volume lalu lintas yang bekerja pada simpang empat bersinyal Jalan Kapten Mulyadi – Jalan Untung Suropati menyebabkan jalan tersebut mengalami kemacetan. Maka dengan kondisi tersebut seharusnya dilakukanlah perbaikan pada simpang dengan tujuan untuk mengetahui kinerja simpang sehingga dapat merencanakan desain perbaikan disertakan rencana anggaran biaya dan time schedule agar meningkatkan kenyamanan dan kemananan pengguna jalan 

Pengamatan yang dilakukan pada simpang empat bersinyal ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan mengunakan metode survei dan observasi dengan mengunakan prosedur yang ada di MKJI 1997. Namun dengan adanya pandemi corona maka survei dan observasi didapatkan dengan data sekunder. Selanjutnya dilakukan evaluasi kinerja simpang bersinyal dengan metode analisa komponen beserta Rencana Anggaran Biaya. Sehingga pelayanan ruas jalan tersebut meningkat dan dapat digunakan dengan baik oleh pengguna jalan. 

Dari hasil pengamatan diperoleh nilai derajat kejenuhan 1,26 yang melebihi syarat ketentuan simpang bersinyal MKJI 1997. Kelebihan nilai derajat kejenuhan  ini hanya terjadi pada Pendekat Selatan saja dan dilakukan perbaikan dengan resetting fase sinyal dan merubah lebar marka jalan. Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan pada simpang bersinyal Jalan Kapten Mulyadi – Jalan Untung Suropati, Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Provisi Jawa Tengah tahun 2020 adalah Rp. 64.500.000,00.

Kata kunci :MKJI 1997, Simpang Bersinyal, RAB.

×
Penulis Utama : Fitriani Setianing Widi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8217015
Tahun : 2020
Judul : Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal jalan kapten mulyadi – jalan untung suropati Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2020
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Teknik - Program Studi Diploma Teknik Sipil - I8217015 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Slamet Jauhari Legowo, S. T., M. T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.