Penulis Utama : Alfat Yahya Fahrudin
NIM / NIP : B0415009
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang TNI Manunggal Membangun Desa, lalu bagaimana peranan Kodim 0735/Surakarta dalam melaksanakan kegiatan tersebut pada tahun 2014-2017 di Kota Surakarta, serta bagaimana dampak yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  historis,  sehingga  langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan sumber atau heuristik, selain itu juga dilengkapi sumber sekunder yang didapatkan dari buku, artikel- artikel dan penelitian terdahulu yang berkaitan. Selanjutnya kritik sumber baik intern maupun ekstern untuk memilih sumber berdasarkan data yang diperoleh untuk mencari fakta sejarah, kemudian dianalisis atau diinterprestasikan berdasarkan kronologisnya, untuk dijadikan penulisan cerita sejarah selanjutnya atau disebut dengan historiografi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa merupakan program lanjutan dari ABRI Masuk Desa walaupun mengalami pengurangan intensitas kegiatan yang berlangsung. Pelaksanaan kegiatan tersebut selalu melibatkan tiga unsur yang berintegrasi yakni militer,
masyarakat serta pemerintah kota. Surakarta pada tahun 2014-2017 menjadi sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa. Berbagai pembangunan baik infrastruktur maupun penyuluhan terhadap masyarakat memberikan dampak yang positif terhadap pembangunan nasional. Tercapainya seluruh target yang dilaksanakan memberikan dampak terhadap masyarakat, pemerintah kota, serta pihak militer sendiri.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh militer bukanlah kegiatan yang selamanya berarti konflik bersenjata, kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan seperti kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa merupakan salah satu bentuk bhakti TNI terhadap kehidupan bermasyarakat. Stigma dari masyarakat yang memandang militer hanya sebagai alat pertahanan serta menakutkan menjadi semakin dekat.

Kata  Kunci  :  TNI  Manunggal  Membangun  Desa,  Kodim   0735/Surakarta, Pembangunan Desa

 

×
Penulis Utama : Alfat Yahya Fahrudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415009
Tahun : 2020
Judul : Peranan Kodim 0735/Surakarta Dalam Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa di Surakarta Tahun 2014-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Ilmu Sejarah - B0415009 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S, M. Hum.
2. Dr. Susanto, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.