Penulis Utama : Hastaningrum Dwi Widyastuti
NIM / NIP : B0415023
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : (1) Latar belakang berdirinya Rumah Sakit Umum Daerah Wates, (2) Perkembangan Rumah Sakit Umum Daerah Wates tahun 1994-2010, dan (3) Peranan Rumah Sakit Umum Daerah Wates di Kulon Progo tahun 1994-2010.
Penelitian ini merupakan penelitian historis, sehingga langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan sumber atau heuristik, selain itu juga dilengkapi sumber sekunder yang didapatkan dari buku, artikel-artikel dan penelitian terdahulu yang berkaitan. Selanjutnya kritik sumber baik intern maupun ekstern untuk memilih sumber berdasarkan data yang diperoleh untuk mencari fakta sejarah, kemudian dianalisis atau diinterprestasikan berdasarkan kronologisnya, untuk dijadikan penulisan cerita sejarah selanjutnya atau disebut dengan historiografi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa munculnya Hulpziekenhuis Wates memberikan perubahan besar bagi masyarakat Kulon Progo khususnya daerah Wates. Terbentuknya Hulpziekenhuis Wates dikarenakan subsidi dari Pemerintah Belanda dan Paku Alaman. Setelah Kemerdekaan Republik Indonesia Hulpziekenhuis Wates diambil alih oleh Pemerintah Kulon Progo dan berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Wates. Perpindahan lokasi Rumah Sakit Umum Wates membuat peningkatan tipe rumah sakit. Penambahan fasilitas rawat jalan seperti poliklinik dan fasilitas bangunan yang membuat RSU Wates menjadi RSUD Wates (Rumah Sakit Umum Daerah Wates). Upaya rumah sakit dalam peningkatan kesehatan masyarakat dengan memberikan pengobatan secara sukarela ke beberapa daerah.    
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya subsidi kesehatan membuat Hulpziekenhuis Wates menjadi rumah sakit pertama dan pusat pengobatan medis di Wates. Desakan masyarakat menginginkan perbaikan layanan kesehatan membuat perluasan bangunan dan perbaikan fasilitas RSU Wates. Setelah mengalami perkembangan yang pesat membuat kegiatan medis yang ada di Kulon Progo berpusat di RSUD Wates. Perbaikan infrastruktur dan tenaga medis merupakan upaya dalam memberikan pelayanan yang prima bagi pasien. Adanya kegiatan sosial yang dilakukan RSUD Wates membuka kesadaran masyarakat pentingnya menjaga kesehatan.


Kata kunci:  Hulpziekenhuis Wates, Rumah Sakit Umum Daerah Wates, Kegiatan sosial  RSUD Wates

 

×
Penulis Utama : Hastaningrum Dwi Widyastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415023
Tahun : 2020
Judul : Dinamika Rumah Sakit Umum Daerah Wates Tahun 1994-2010
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Ilmu Sejarah - B0415023 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S, M. Hum.
2. Dr. Susanto, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.