Penulis Utama : Winda Febriana Ardy
NIM / NIP : B0415063
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: 1) latar belakang berdirinya perkebunan indigo di karesidenan Bagelen 1830-1864; 2) perkembangan perkebunan indigo di karesidenan Bagelen tahun 1830-1864; 3) perubahan sosial ekonomi petani di karesidenan Bagelen tahun 1830-1864.
Penelitian ini merupakan penelitian sejarah sehingga metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yaitu heuristik atau pengumpulan sumber, kritik sumber yang terdiri dari kritik sumber intern dan ekstern, interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan). Pengumpulan sumber diperoleh dari studi dokumen dan studi pustaka yang dianalisa kebenaran serta keaslian sumbernya untuk selanjutnya dilakukan penafsiran dan penyusunan kembali berdasarkan kronologi peristiwanya. Dalam melakukan tahapan penelitian digunakan pendekatan sosiologi dan ekonomi sebagai ilmu bantu ilmu sejarah.
Hasil  penelitian  menjelaskan  bahwa  latar  belakang  berdirinya  perkebunan indigo di karesidenan Bagelen dipengaruhi oleh kebijakan politik kolonial Sistem Tanam Paksa dan gambaran umum wilayah Bagelen. Perkembangan perkebunan indigo terjadi seiiring dengan upaya pemerintah kolonial untuk meningkatkan hasil perkebunan dengan cara melibatkan lapisan masyarakat dalam mengusahakan areal penanaman, pembangunan sarana dan prasarana serta pasokan tenaga kerja, yang kemudian berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat petani Karesidenan Bagelen.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa perkebunan indigo telah memberikan perubahan pada struktur pertanian pribumi, struktur sosial dan  kegiatan ekonomi masyarakat karesidenan Bagelen. Keberhasilan perkebunan indigo di karesidenan Bagelen telah memberikan keuntungan dan pendapatan bagi kas pemerintah kolonial serta menyebabkan menurunnya pendapatan ekonomi petani pribumi.

Kata Kunci : Sistem Tanam Paksa, Indigo, Karesidenan Bagelen, Sosial Ekonomi

 

×
Penulis Utama : Winda Febriana Ardy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415063
Tahun : 2020
Judul : Perkebunan Indigo dan Perubahan Sosial Ekonomi Petani di Karesidenan Bagelen Tahun 1830-1864
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Ilmu Sejarah - B0415063 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M.Hum.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S. S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.