Penulis Utama : Anisa Nismayanti
NIM / NIP : B0516002
×

Skripsi ini membahas cerpen “as-Sulth% dan al-Masch?r” karya Muhammad ‘Athiyah al-Ibrasy dan film “Beauty and the Beast” karya Bill Condon. Kedua objek ini berasal dari negara yang berbeda, yaitu Irak dan Perancis sehingga memiliki kebudayaan yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan perbandingan struktur naratif kedua objek dan menjelaskan unsur-unsur budaya di dalamnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Langkah penelitian yang dilakukan dengan mendeskripsikan terlebih dahulu struktur naratif pada kedua objek, kemudian menganalisis unsur-unsur budaya di dalamnya. Adapun teori yang digunakan adalah teori strukturalisme Robert Stanton, teori sastra bandingan, dan teori budaya.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, perbandingan struktur  antara kedua objek menunjukkan beberapa perbedaan dan persamaan, yaitu pada struktur tema, alur, karakter, latar, judul, dan sudut pandang. Kedua, terdapat lima unsur budaya yang ditemukan pada kedua objek yaitu mengenai kebiasaan hidup, pakaian, sistem religi, arsitektur, dan sistem bahasa. Unsur-unsur budaya tersebut ditemukan pada tema, alur, karakter, latar, dan judul.
 
Kata Kunci: unsur budaya, struktur naratif, cerpen as-Sulth% dan al-Masch?r, film Beauty and the Beast, sastra bandingan.

 

×
Penulis Utama : Anisa Nismayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0516002
Tahun : 2020
Judul : Unsur-Unsur Budaya Dalam Cerita Pendek “As-Sulthan Al-Maschur” Karya Muhammad ‘Athiyah Al-Ibrasy dan Film “Beauty and The Beast” Karya Bill Condon (Kajian Sastra Bandingan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Arab - B0516002 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reza Sukma Nugraha, S.Hum., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.