Penulis Utama : Hawa Nurhikmah
NIM / NIP : B0516018
×

Penelitian ini mengkaji permasalahan psikologis, yakni abnormalitas yang meliputi pembahasan: a) bentuk-bentuk abnormalitas dan b) faktor penyebab terjadinya abnormalitas yang dialami oleh tokoh utama pada cerpen Sayyidatun fi Khidmatika karya Ihs% dan Abdul Qudd?s. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis bentuk abnormalitas dan penyebab abnormalitas dalam cerpen Sayyidatun fi Khidmatika.
Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis adalah metode yang menguraikan dengan memberi pemahaman dan penjelasan secukupnya. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk abnormalitas, kemudian menganalisis faktor-faktor penyebab abnormalitas tokoh utama. Untuk mengkaji bentuk abnormalitas dan penyebab abnormalitas, maka digunakan teori psikologi khususnya psikologi abnormal Thomas F. Oltmanns dan Emery.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tokoh utama mengalami tiga bentuk perilaku abnormal yaitu; gangguan suasana perasaan, gangguan kecemasan, dan delirium, (2) penyebab tokoh utama berperilaku abnormal adalah faktor psikologis dan faktor sosiokultural.

Kata kunci: Abnormalitas, Psikologi Sastra, Psikologi Abnormal, Sayyidatun Fi Khidmatika, Ihsan Abdul Quddus.

 

×
Penulis Utama : Hawa Nurhikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0516018
Tahun : 2020
Judul : Abnormalitas Tokoh Utama dalam Cerpen Sayyidatun Fi Khidmatika Karya Ihsan Abdul Quddus ( Kajian Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Arab - B0516018 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reza Sukma Nugraha, S.Hum., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.