Penulis Utama : Scila Ardanari Santoo
NIM / NIP : I0516039
×

Paraldehid banyak digunakan di biadang farmasi diantaranya sebagai bahan untuk obat sedatif, pengobatan alkoholisme dan obat tidur serta solven untuk industri kimia. Pabrik Paraldehid dengan kapasitas 31.000 ton/tahun dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan selebihnya diekspor. Bahan baku untuk memproduksi Paraldehid membutuhkan Asetaldehid sebanyak 31.000 ton/tahun. Pabrik direncanakan berdiri pada tahun 2020 dan beroperasi pada tahun 2024 di Kawasan Industri Tunas Batam Center, Kepulauan Riau. 
Tahapan proses produksi Paraldehid meliputi persiapan bahan baku, pembentukan Paraldehid di reaktor, dan pemurnian produk. Reaksi pembentukan Paraldehid merupakan reaksi polimerisasi Asetaldehid dengan katalis Duolite C-20 C. Reaksi tersebut berlangsung pada fase cair dengan katalis padat. Reaksi dilakukan di dalam reaktor fixed bed multitube pada suhu 50 ºC dan tekanan 3 atm untuk menghasilkan konversi 95 %.  
Unit pendukung proses pabrik meliputi unit kebutuhan air, steam, brine water, udara tekan, tenaga listrik, dan bahan bakar. Kebutuhan air sebesar 0,91 kg air/kg produk, 2,43 kg steam/kg produk, 16,7 kg brine water/kg produk, 0,022 m3 udara tekan/kg produk, 0,044 kWh/ kg produk, dan 0,501 L IDO/kg produk. Pabrik juga didukung laboratorium yang mengontrol mutu bahan baku, hasil proses, produk dan umpan boiler sesuai dengan spesifikasi yang diharapkan. 
Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non-shift .   
Dari hasil analisis ekonomi diperoleh, ROROI (Rate of Return on 
Investment) sebelum dan sesudah pajak sebesar  46,38  % dan 32,46 %, POT (Pay 
Out Time) sebelum dan sesudah pajak selama 1,77 dan 2,35 tahun, BEP (Break Event Point) 44,26 % dan SDP 31,78 %. Sedangkan DCF (Discounted Cash Flow) sebesar 32,51 %. Jadi dari segi ekonomi pabrik tersebut layak untuk didirikan. 

 

 

×
Penulis Utama : Scila Ardanari Santoo
Penulis Tambahan : 1. Muhammad Nur Ikhsanudin
NIM / NIP : I0516039
Tahun : 2020
Judul : Prarancangan pabrik paraldehid Dari asetaldehid dengan katalis Duolite c-20 c kapasitas 31.000 ton / tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret - 2020
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Fakultas Teknik-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Inayati, S.T., M.T., Ph.D.
2. Ir. Paryanto, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.