Penulis Utama : Wildan Gustiandi
NIM / NIP : D1617041
×

Abstrak

Selain berbekal ilmu pengetahuan yang didapat selama masa perkuliahan, praktik kerja juga dibutuhkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi lingkungan kerja yang nyata. Melalui Kuliah Kerja Media (KKM), mahasiswa diberi kesempatan untuk mendalami bidang ilmu yang ditekuninya serta mengembangkan skill sehingga diharapkan mampu menjadi lulusan yang dapat bekerja secara kreatif dan profesional.

Sebagai mahasiswa Public Relations (PR), yang mendalami bidang PR sebagai profesi yang salah satu tugasnya menjalin hubungan harmonis dengan publik serta mampu melakukan upaya dalam menangani krisis melalui kegiatan media relations, penulis memilih PT. Surya Citra Televisi sebagai tempat pelaksanaan KKM. Penulis memandang PT Surya Citra Televisi sebagai perusahaan besar yang telah memahami pentingnya kegiatan media relations.

Kegiatan media monitoring yang dilaksanakan PT. Surya Citra Televisi meliputi media cetak koran dan media online. Untuk monitoring cetak yaitu mereview isi berita di media cetak, mengkliping, dan menghitung value berita (dari perhitungan rate media dan ukuran berita). Kemudian untuk kegiatan media monitoring online yaitu mencari berita yang sesuai terkait dengan program PT. Surya Citra Televisi mengklasifikasi berita dan media, mencari peringkat media lewat web alexa, dan menghitung value berita. Setelah selesai melakukan kegiatan tersebut lalu semua hasil monitoring cetak atau online direkap.

Kegiatan media monitoring yang dilakukan PT. Surya Citra Televisi bertujuan untuk memperoleh informasi, data dan dokumen hal-hal yang terkait dengan perusahaan, sebagai bagian dari masukan dalam upaya pengembalian kebijakan perusahaan, serta sebagai upaya dalam menangani sebuah krisis. Tanpa adanya kegiatan media monitoring, perusahaan tidak akan mendapatkan data maupun informasi terbaru terkait perusahaan. Media monitoring sangat memudahkan dalam pekerjaan seorang Public Relations. Karena dalam kegiatannya selalalu berhubungan dengan media dimana bahwa melalui media informasi tekait perusahaan mudah untuk didapatkan dalam waktu cepat, juga mengingat peran dominan media massa di tengah masyarakat sekarang ini. Dengan demikian, adanya kegiatan media monitoring dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya krisis maupun mengurangi dampak negatif terjadinya krisis.

 

×
Penulis Utama : Wildan Gustiandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1617041
Tahun : 2020
Judul : Optimalisasi Kinerja Divisi Media Relations PT. Surya Citra Televisi di Bidang Media Monitoring Internal Media Relations
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2020
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS – Sekolah Vokasi, Prog. Studi DIII Komunikasi Terapan – D1617041 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy Chandra W., S.Sos., M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.