Penulis Utama : Amelia Puspa Wijayanti
NIM / NIP : D1817018
×

ABSTRAK

Penggunaan internet di perpustakaan merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pemustaka. Internet menjadi media untuk mengakses informasi, wawasan, pengetahuan, kebutuhan pendidikan, dan lainnya. Penelitian mengenai internet ini bertujuan untuk mengetahui tentang penggunaan internet dalam memenuhi kebutuhan pemustaka di layanan co-working space Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kota Semarang.  Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini, diambil 6 informan untuk diwawancarai dengan menggunakan pencatatan pribadi ditulis dalam notes.
Informan-informan tersebut diantaranya 1 orang pustakawan dan 5 orang pemustaka yang mengakses internet.  
Dalam penulisan tugas akhir ini menurut beberapa pemustaka mengakses internet dapat memenuhi kebutuhannya, dengan hasil; (1) Pemustaka menggunakan internet untuk mencari infromasi berupa referensi jurnal atau artikel ilmiah, informasi berita online, informasi tentang pekerjaannya, informasi tentang nilai kuliah dan tugas kuliah. (2) Layanan co-working space menyediakan wifi dan komputer untuk mengakses internet menjadi sarana yang dapat digunakan pemustaka dengan mudah, (3) Internet dapat memenuhi kebutuhan pemustaka karena hal yang dibutuhkan pemustaka harus tersambung dengan koneksi internet, namun bagi sebagian pemustaka internet tidak menjadi sumber referensi atau informasi utama karena koleksi buku masih dibutuhkan, (4) Adanya penyediaan akses internet di perpustakaan digunakan dengan baik oleh pemustaka dan sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pemustaka. 

Kata Kunci : Internet, Kebutuhan pemustaka,  Penggunaan Internet 
 

×
Penulis Utama : Amelia Puspa Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1817018
Tahun : 2020
Judul : Penggunaan Internet dalam Memenuhi Kebutuhan Pemustaka di Layanan Co-Working Space Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2020
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Teknik - Program Studi Diploma III Perpustakaan - D1817018 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.