Penulis Utama : Wahyu Setiawan
NIM / NIP : K5116072
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan positif antara pola asuh orangtua terhadap kemandirian siswa tunanetra di SMA dan SMK penyelenggara pendidikan inklusi kota Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra yang bersekolah di SMA dan SMK penyelenggara pendidikan inklusi kota surakarta. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh populasi digunakan sebagai subjek penelitian yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner, yaitu melalui angket pola asuh orangtua dan angket kemandirian siswa tunanetra. Uji validitas kemandirian menggunakan validitas expert judgement dan penentuan item gugur menggunakan formula aiken’s V, sedangkan uji validitas pola asuh menggunakan validitas expert judgement penentuan item gugur menggunakan rumus product moment. Uji reabilitas angket kemandirian menggunakan intraclass correlation coefficients, sedangkan angket pola asuh orangtua menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik statistika regresi. Hasil uji analisis regresi antara pola asuh terhadap kemandirian siswa tunanetra memiliki nilai signifikansi sebesar (p=0,005) dengan nilai koefisien korelasi simultan sebesar (0,801) dan total pengaruh simultan sebesar 64,1%. Kesimpulan terdapat kontribusi positif pola asuh orangtua terhadap kemandirian siswa tunanetra di SMA dan SMK penyelenggara pendidikan inklusi kota Surakarta.

Kata kunci: Inklusi, Tunanetra, Kemandirian, Pola Asuh

 

×
Penulis Utama : Wahyu Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5116072
Tahun : 2020
Judul : Kontribusi Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Tunanetra di SMK dan SMA Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Luar Biasa - K5116072 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Subagya, M.Si
2. Arsy Anggrellanggi, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.