Penulis Utama : Afif Burhanuddin
NIM / NIP : K5414003
×

Abstrak

Tujuan penelitian  ini adalah: (1) Mengetahui distribusi spasial fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama dan tingkat kedua di Kabupaten Karanganyar. (2) Mengetahui tingkat  kecukupan  fasilitas  pelayanan  kesehatan  tingkat  pertama dan  tingkat  kedua  di Kabupaten Karanganyar. (3) Mengetahui tingkat aksesibilitas fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama dan tingkat kedua dan Rujukan di Kabupaten Karanganyar.
Penelitian  ini mengguakan  metode  deskriptif  kualitatif  dengan  menggunakan pendekatan  spatial. Teknik sampling  yang digunakan  adalah Non Probability Sampling digunakan untuk menentukan kecukupan fasilias kesehatan dan tenaga kesehatan di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data primer, data sekunder dan tabel silang.
Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa: (1) Fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Karanganyar tingkat pertama dan kedua berjumlah 29 unit yang terdiri dari 8 Rumah Sakit dan 21 Puskesmas dengan yang paling banyak terdapat di Kecamatan Jaten terdiri dari 2 Rumah Sakit dan 2 Puskesmas. (2) Tingkat kecukupan untuk fasilitas rumah sakit sudah tercukupi untuk seluruh Kabupaten Kecamatan namun untuk kecukupan fasilitas puskesmas hanya 2 dari 17 kecamatan yang mampu mencukupi yaitu kecamatan Jatipuro dan Jenawi, namun tingkat kecukupan tenaga kesehatan dan kecukupan ruangan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan Kabupaten Karanganyar (3) Tingkat aksesibilitas di Kabupaten Karanganyar tertinggi terdapat di Kecamatan Karanganyar dengan indeks aksesibilitas 14,22101304 dan aksesibilitas terendah terdapat di Kecamatan Jenawi dengan indeks 5,722610465.

Kata Kunci: Spasial, fasilitas Kesehatan, Aksesibilitas

 

×
Penulis Utama : Afif Burhanuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414003
Tahun : 2020
Judul : Sebaran Spasial Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Kabupaten Karanganyar Tahun 2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5414003 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M.Si.
2. Gentur Adi Tjahjono, S.Si, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.