Penulis Utama : Joko Utomo
NIM / NIP : K5414029
×

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui karakteristik sosial ekonomi nasabah bank sampah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta (2) mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 3R melalui bank sampah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta (3) mengetahui pengaruh sosial ekonomi terhadap partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 3R melalui bank sampah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah bank sampah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Sampel penelitian ini adalah 40 nasabah bank sampah aktif di Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Teknik Sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi dengan instrumen berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk kondisi sosial ekonomi nasabah adalah deskriptif kuantitatif tabulasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 3R melalui bank sampah adalah deskriptif kuantitatif dengan tabulasi dan skoring. Teknik analisis untuk mengetahui pengaruh sosial ekonomi terhadap partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 3R melalui bank sampah dengan analisis regresi linier berganda. Teknik analisis untuk mengetahui pola persebaran nasabah bank sampah adalah analisis tetangga terdekat.
 
Hasil penelitian ini adalah : (1) Karakteristik sosial ekonomi mayoritas masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah yaitu tingkat pendidikan menengah, bekerja paruh waktu, pendapatan keluarga rendah dan jumlah anggota keluarga 4 keatas (2) Tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan 3R melalui bank sampah di Kecamatan Jebres mayoritas berada pada tingkat partisipasi sedang (3) Sosial ekonomi nasabah berpengaruh signifikan terhadap partisipasi dalam pelaksanaan 3R melalui bank sampah, memiliki persamaan Y = 15,623 + 0,236x1 - 0,053x2 + 0,397x3 - 0,016x4. Faktor sosial ekonomi dapat menjelaskan partisipasi sebesar 26,9% sedangkan 73,1% dijelaskan variabel lain diluar sosial ekonomi (4) Pola persebaran nasabah bank sampah di Kecamatan Jebres adalah cluster atau mengelompok dengan rasio sebesar 0,220052.

Kata Kunci : Bank sampah, pelaksanaan 3R, tingkat partisipasi

 

×
Penulis Utama : Joko Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414029
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan 3R(Reduce, Reuse, Recycle) Melalui Bank Sampah di Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5414029 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Subandriyo M.Pd
2. Dr. Pipit Wijayanti, S.Si. M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.