Penulis Utama : Agus Tofa Adi Wibowo
NIM / NIP : K5415004
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Potensi obyek wisata air di Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengembangan obyek wisata air di Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. (3) Arahan pengembangan obyek wisata air di Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 obyek wisata air di Kecamatan Banyudono dan masyarakat sekitar yang terlibat di obyek wisata air Kecamatan Banyudono. Sampel penelitian yakni pengelola obyek wisata, ketua komunitas atau pokdarwis, Kepala Desa Ngaru-aru, Kepala Urusan Destinasi Industri Pariwisata Kabupaten Boyolali dan wisatawan. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis skoring, klasifikasi potensi wisata menggunakan analisis A4 dan pengembangan obyek wisata menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Tingkatan potensi obyek wisata air di Kecamatan Banyudono dikategorikan menjadi 3 tingkatan yaitu potensi tinggi, potensi sedang dan potensi rendah. Obyek wisata dengan potensi tinggi yaitu Umbul Pengging. Obyek wisata dengan potensi sedang yaitu Umbul Sungsang, Umbul Sewu dan Umbul Kendat. Obyek wisata dengan potensi rendah yaitu Umbul Gemuling. (2) Faktor pendukung obyek wisata terdiri dari daya tarik tinggi, ketersediaan lahan wisata yang luas, aksesibilitas mudah, fasilitas sarana dan prasarana memadai, lahan parkir luas, dan kebersihan lokasi. Faktor penghambat dalam pengembangan obyek wisata berupa kurangnya kebersihan lingkungan, keterbatasan lahan obyek wisata, sarana dan prasarana kurang memadai, keterbatasan lahan parkir, dan daya tarik kurang. (3) Arahan pengembangan obyek wisata air di Kecamatan Banyudono meliputi mengadakan produk unggulan, peningkatan kebersihan lokasi, pembangunan akomodasi, penambahan sarana transportasi umum, perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana yang kurang, penataan warung, perluasan lahan parkir, penambahan rambu-rambu informasi, peningkatan daya tarik dengan menambah atraksi dan perlunya pengelolaan obyek wisata secara teratur.

Kata Kunci : Potensi, Obyek Wisata, Umbul

 

×
Penulis Utama : Agus Tofa Adi Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5415004
Tahun : 2020
Judul : Kajian Potensi dan Arahan Pengembangan Obyek Wisata Air di Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun 2019 (Suplemen Bahan Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi Pada Kelas XI SMA Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Menganalisis Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Kehutanan, Pertambangan, Kelautan, Pariwisata Sesuai Prinsip-Prinsip Pembangunan Berkelanjutan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5415004 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setya Nugraha, S.Si., M.Si.
2. Rahning Utomowati, S.Si. M,Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.