Penulis Utama : Febri Susilowati
NIM / NIP : K5415024
×

Abstrak

Tujuan penelitian adalah  1) Mengetahui pelaksanaan sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Sukoharjo dan SMP Negeri 2 Bulu. 2) Mengetahui partisipasi peserta didik dalam pelaksanaan  sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Sukoharjo dan SMP Negeri 2 Bulu.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Sukoharjo dan SMP Negeri 2 Bulu.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  (1) Pelaksanaan sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Sukoharjo lebih unggul dari SMP Negeri 2 Bulu di setiap indikator yang ada dalam pelaksanaan sekolah Adiwiyata dengan total skor 45.85 yang termasuk dalam kategori “Sedang”, sedangkan SMP Negeri 2 Bulu mendapatkan skor sebesar 40.82 yang termasuk dalam kategori “Rendah”. (2) Hasil perhitungan angket yang sudah dilakukan, didapatkan hasil yaitu tingkat partisipasi peserta didik SMP Negeri 1 Sukoharjo yang lebih tinggi dibandingkan dengan SMP Negeri 2 Bulu. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, perbedaaan  antara SMP Negeri 1 Sukoharjo memiliki skor sebesar 83.41 sedangkan  SMP Negeri 2 Bulu skor sebesar 79.11.

Kata Kunci: Adiwiyata, Pelaksanaan, Partisipasi Peserta Didik

 

×
Penulis Utama : Febri Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5415024
Tahun : 2020
Judul : Tingkat Partisipasi Peserta Didik Dalam Pelaksanaan Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 1 Sukoharjo dan SMP Negeri 2 Bulu Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5415024 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Subandriyo M.Pd
2. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.