Penulis Utama : Fahmi Rafida Al Maufur
NIM / NIP : K5416018
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pola persebaran potensi sumber beban pencemar Sungai Palur Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo (2) Kulitas Air Sumber Pencemar dan Air Sungai Palur Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo (3) Mengetahui Kemampuan Self-Purification Sungai Palur Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Terdapat 11 titik sampel yang terdiri dari 7 titik sampel air sumber pencemar dan 4 titik sampel air Sungai Palur. Pengumpulan data melalui observasi lapangan untuk pengukuran kualitas air musim penghujan, wawancara tidak terstruktur, dan kajian dokumen dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019.
Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Pola persebaran sumber pencemaran Sungai Palur didominasi sumber pencemaran tak langsung, dan jenis beban pencemar yang mendominasi bagian hulu, tengah dan hilir Sungai Palur didominasi oleh limbah domestik dan pertanian. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan topografi wilayah dan penggunaan lahan di wilayah penelitian. (2) Kualitas air sumber pencemar yang paling buruk terdapat pada smapel air sumber pencemar bagian hilir dan kualitas air Sungai menunjukkan nilai yang fluktuatif dari hulu ke hilir, hal tersebut disebabkan karena ada pencemaran baru dan jaraknya dekat dengan sampel air Sungai Palur. (3) Kemampuan self-purification Sungai Palur belum berjalan dengan sempurna hal tersebut disebakan karena kecenderungan tiap parameter yang menunjukkan nilai fluktuatif serta faktor kemiringan dan kecepatan aliran sungai berpengaruh terhadap kemampuan self-purification, zona self purification yang terdapat di Sungai Palur yakni   Zona Dekomposisi (Zone of decomposition/ zone of recent pollution), Zona pemulihan (Recovery Zone), danZona Biodegradasi (Septic Zone)

Kata Kunci : Sungai, Beban Pencemar, Sumber Pencemar, Kualitas Air, Self Purification

 

×
Penulis Utama : Fahmi Rafida Al Maufur
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416018
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pola Persebaran Potensi Sumber Beban Pencemar dan Kemampuan Self-Purification Sungai Palur di Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo (Implementasi Dalam Pembelajaran Geografi Kelas X pada Materi Pokok Dinamika Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Geografi - K5416018 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M.Si
2. Setya Nugraha, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.