Penulis Utama : Farichah Nur Azizah
NIM / NIP : D1817039
×

ABSTRAK

Memperkenalkan jasa layanan tour guide yang ada di Graha Literasi oleh pemustaka, dan meningkatkan pemanfaatan layanan tour guide di Graha Literasi oleh pemustaka adalah tujuan promosi di Graha Literasi.  Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen promosi di Graha Literasi Perpustakaan Nasional RI yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengendalian promosi perpustakaan. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kelompok Layanan Graha Literasi dan Staf Pustakawannya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan tahapan pengeumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan promosi Di Graha Literasi dilaksanakan melalui kegiatan perumusan tujuan kegiatan promosi, penentuan sasaran promosi dan lokasi ditentukan melalui survei lapangan, dan terdapat beberapa kriteria yang menjadi sasaran promosi Graha Literasi, pengadaan sarana prasarana yang dilakukan melalui penyusunan proposal pengadaan yang telah disepakati unit dan mengkonsultasikan ke kepala bidang untuk tindak lanjut ke bagian pusjas, dan penentuan waktu dan pelaksanaan promosi. (2) Pengorganisasian promosi di Graha Literasi meliputi kegiatan penentuan kebutuhan Sumber Daya Manusia yang diperlukan di Graha Literasi, Penempatan pekerjaan dan pelimpahan wewenang, serta perumusan kebutuhan anggaran promosi di Graha Literasi. (3) Pengkoordinasian promosi di Graha Literasi meliputi kegiatan pengarahan atau pelaksana kegiatan promosi dan pengintegrasian kegiatan promosi, pengarahan untuk staf pustakawan Graha Literasi selalu dilakukan secara berkala setiap bulannya. (4) Pengendalian promosi di Graha Literasi meliputi kegiatan penyusunan standar dan ukuran pelaksanaan kegiatan promosi, hambatan internal dan eksternal yang pernah terjadi dan upaya mengatasi hambatan tersebut untuk menimimalisir terjadinya kendala. Selain itu terjadinya misscommunication antar pustakawan dengan pemustaka. Dan kurangnya minat masyarakat mengenai informasi dan literasi.

Kata kunci: Manajemen, Promosi Perpustakaan

×
Penulis Utama : Farichah Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1817039
Tahun : 2020
Judul : Manajemen Promosi di Graha Literasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2020
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS, F. Teknik - Program Studi Diploma III Perpustakaan - D1817039 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Daryono, S.Sos., M.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.