Penulis Utama : Luter Argo Siniwoko
NIM / NIP : K5614032
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hubungan antara sudut start renang terhadap kemampuan meluncur perenang gaya crawl putra yang ditinjau dari kajian biomekanika; (2) sudut start yang lebih baik dalam melakukan start renang yang dilakukan oleh perenang.  
Subyek penelitian ini adalah atlet  grup 1 putra yang tergabung dalam Elite Swimming Club Surakarta yang berjumlah 3 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan rekaman video start yang dilakukan oleh setiap atlit. Analisis data menggunakan uji t dan analisis menggunakan software Kinovea.
Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada percobaan yang dilakukan perenang dengan sudut start yang berbeda menghasilkan waktu tempuh hingga 10m yang berbeda. (2) Analisis gerak menunjukkan bahwa perenang 3 pada percobaan pertama dengan sudut lutut 1090, sudut kemiringan 1000, sudut tolakan (elevasi) 230 menghasilkan jarak lompatan 3,88m (terjauh) kemudian sudut masuk 380menghasilkan waktu tempuh hingga 10m yang tercepat, yaitu 4,30 detik.
 
Kata kunci : Renang, Sudut start, Gaya crawl, Biomekanika.  

 

×
Penulis Utama : Luter Argo Siniwoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5614032
Tahun : 2020
Judul : Analisis Sudut Start Renang Terhadap Kemampuan Meluncur Perenang Gaya Crawl Putra Ditinjau dari Kajian Biomekanika
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS - F.KOR, Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga - K5614032 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes., Ph.D
2. Rumi Iqbal Doewes, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.