Penulis Utama : Ratna Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0316074
Tahun : 2020
Judul : Model Penentuan Cut-Off Grade Optimal Pada Open Pit Mining Yang Menghasilkan Multi Produk Dengan Mempertimbangkan Reklamasi Dan Pengolahan Ulang Limbah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik.Jur. Teknik Kimia Industri - 2020
Subyek : PENGOLAHAN LIMBAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Ratna Novitasari, I0316074. MODEL PENENTUAN CUT-OFF GRADE OPTIMAL PADA OPEN PIT MINING YANG MENGHASILKAN MULTI PRODUK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN REKLAMASI DAN PENGOLAHAN ULANG LIMBAH. Skripsi. Surakarta: Program Studi Sarjana Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Agustus 2020

Penelitian ini mengembangkan model matematik yang dapat digunakan untuk menentukan cut-off grade optimal pada open pit mining dengan multi produk. Cut-off grade merupakan nilai atau grade minimum yang diperlukan dalam pengambilan keputusan proses pengolahan lanjutan terkait mineral dalam industri pertambangan. Jenis tambang yang digunakan dalam penelitian ini adalah open pit mining dengan multi produk, dimana perusahan tambang hanya melakukan penambangan untuk satu jenis logam dengan beberapa jenis produk yang dapat dijual. Terdapat tiga tipe produk yang dipertimbangkan, yaitu konsentrat, sizing, dan pellet.
Penelitian ini mempertimbangkan faktor lingkungan dari proses operasi tambang yang dilakukan. Faktor lingkungan yang dijadikan parameter berupa reklamasi dan pengolahan ulang limbah. Variabel keputusan dalam penelitian ini adalah nilai cut-off grade optimal dengan fungsi tujuan maksimasi Net Present Value (NPV). Biaya yang diperhitungkan dalam penelitian ini meliputi biaya mining, biaya processing, biaya sizing, biaya pelletizing, biaya tetap, biaya reklamasi, dan biaya pengolahan ulang limbah. Komponen harga yang diperhitungkan adalah harga jual dari masing-masing tipe produk, pendapatan dari reklamasi, dan pendapatan dari hasil pengolahan ulang limbah.
Berdasarkan hasil contoh numerik yang dilakukan, model yang dikembangkan dapat meningkatkan nilai NPV sebesar 12% dibandingkan dengan model sebelumnya. Analisis sensitivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel keputusan dan fungsi tujuan sensitif terhadap perubahan parameter harga jual sizing, harga jual pellet, biaya mining, biaya tetap, pendapatan dari reklamasi waste rock, pendapatan dari reklamasi bendungan tailing, pendapatan dari reklamasi pit, dan pendapatan dari pengolahan ulang limbah.

Kata Kunci : cut-off grade, multi produk, open pit mining, maksimasi NPV, reklamasi, pengolahan ulang limbah
xv + 74 halaman; 36 gambar; 21 tabel
Daftar Pustaka: 33 (1964-2018)   

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Halaman Persetujuan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. I Wayan Suletra
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik