Penulis Utama : Khilmi Fuadhi Irawan
NIM / NIP : K5615038
×

Abstrak

Melakukan aktivitas fisik sesuai dengan porsi dan kebutuhan individu adalah penting untuk dilakukan. Selain merupakan salah satu prinsip pola hidup sehat, melakukan aktivitas fisik dengan dosis dan cara yang benar akan mampu mengurangi risiko terjangkit penyakit degeneratif seperti stroke, jantung koroner, hipertensi dan diabetes melitus. Persentase lemak perut yang berlebih merupakan salah satu faktor yang memicu penyakit-penyakit tersebut. Berdasarkan pemikiran tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan level aktivitas fisik terhadap lemak perut pada karyawan kantor Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi yaitu penelitian yang berfokus pada analisis hubungan antara variabel. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu level aktivitas fisik dan lemak perut. Penelitian ini dilakukan di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang karyawan yang berasal dari beberapa fakultas dan lembaga di lingkungan UNS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Angket IPAQ yang terdiri dari tujuh item soal yang mengukur tentang aktivitas fisik berat (vigorous activity), aktivitas fisik sedang (moderate activity), aktivitas berjalan kaki (walking acitivity) dan aktivitas duduk (siting activity) pada seseorang dalam satu minggu terakhir. Selain itu, lemak perut diukur menggunakan Bioelectrical Impedance Analysis (BIA). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan lemak perut, dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.999 lebih besar dari probabilitas 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima yang berarti bahwa tidak ada hubungan level aktivitas fisik terhadap lemak perut pada karyawan kantor Universitas Sebelas Maret.

Kata Kunci: Aktivitas Fisik, Lemak Perut, Karyawan Kantor.

 

×
Penulis Utama : Khilmi Fuadhi Irawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5615038
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Level Aktivitas Fisik Terhadap Lemak Perut pada Karyawan Kantor Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS - F.KOR, Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga - K5615038 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanta, M.Pd.
2. Febriani Fajar E. S. Pd., M. Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.