Penulis Utama : Umma Izzatul Fikriyah
NIM / NIP : K6413075
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas,
dampak, serta hambatan progam sekolah desa dan anggaran forum masyarakat sipil dalam meningkatkan kinerja aparatur pemerintah desa di Kabupaten Kebumen.
Penelitian   ini   menggunakan   metode   penelitian   deskriptif   kualitatif.
Sumber data berasal dari tempat, peristiwa, dan narasumber. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Sedangkan teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Dan teknik analisis data menggunakan menggunakan teknik analisis interaktif dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan  hasil penelitian  ini,  maka  dapat  di  simpulkan  bahwa:  (1) Efektivitas Program Sekolah Desa dan Anggaran Forum Masyarakat Sipil dalam meningkatkan kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Kebumen sudah cukup efektif, namun perlu dioptimalkan lagi dalam membawa Kabupeten Kebumen lebih maju dalam hal kemandirian desa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pencapaian tujuan yang telah dicanangkan, kegigihan penyelenggara yang saling bahu-membahu melakukan sosialisasi, serta adanya sarana dan prasarana yang memadai serta bantuan dana untuk Sekolah Desa dan Anggaran (2) Dampak Program Sekolah Desa dan Anggaran Forum Masyarakat Sipil terhadap Aparatur Pemerintah Desa yaitu Sadar akan tugas masing-masing aparatur pemerintah desa, merubah cara pandang paradigma desa, menambah motivasi untuk menciptakan good governance di desa, dan membangun desa, dan (3) Hambatan yang di hadapi Aparatur Pemerintah Desa selama mengikuti Sekolah Desa dan Anggaran yaitu jarak  tempuh  peserta  didik  ke  sekolah  yangterlalu  jauh,  kurangnya  dalam membagi waktu pribadi, waktu  pembelajaran yang kurang efektif karena banyak peserta terlambat,  Masih ada  aparatur  pemerintah  desa  yang  memberi  stigma negatif ke Sekolah Desa dan Anggaran.

Kata kunci: Efektivitas, Sekolah, Desa, Anggaran, Aparatur

 

×
Penulis Utama : Umma Izzatul Fikriyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413075
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Program Sekolah Desa dan Anggaran Forum Masyarakat Sipil dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6413075 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triana Rejekiningsih SH.,KN., M.Pd.
2. Dr. Rusnaini, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.