Penulis Utama : Ika Dyah Purwaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414029
Tahun : 2020
Judul : Studi Analisis Pembentukan Digital Citizenship Melalui KD 3.3 Mengidentifikasi Pengaruh Perkembangan IPTEK Terhadap Negara Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika (Studi Kelas XII di SMA N 6 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6414029 - 2020
Subyek : DIGITAL CITIZENSHIP, IPTEK, BHINNEKA TUNGGAL IKA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) digital citizenship yang dimiliki siswa melalui pembelajaran PKn dalam KD 3.3 Pengaruh Perkembangan IPTEK Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika pada siswa kelas XII. 2) Hambatan pengembangan kewargaan digital melalui pembelajaran PKn dalam KD 3.3 Pengaruh Perkembangan IPTEK Terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika pada siswa kelas XII
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan data kuantitatif dan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: 1) Pengembangan digital citizenship melalui KD 3.3 Mengidentifikasi Pengaruh Perkembangan IPTEK terhadap Negara Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika masih belum sepenuhnya “terlaksana dengan baik. Data menunjukkan bahwa 14 dari 45 atau bila diprosentasikan berkisar 31?ri komentar yang diberikan oleh siswa menunjukkan bahwa siswa telah memiliki beberapa elemen dari digital citizenship yakni : Literasi digital yakni kemampuan siswa memahami dan menggunakan informasi dari berbagai media digital sudah cukup baik. Hasilnya adalah siswa dapat mengetahui benar atau tidaknya suatu berita. Etika digital yakni perilaku yang bertanggung jawab dalam menggunakan media digital sudah cukup baik pula. Siswa berani menyuarakan pendapatnya melalui media digital terkadang masih menghiraukan adanya etika digital. 2) Hambatan dalam pembentukan digital citizenship pada siswa ialah kemampuan siswa dalam memahami apa yang disampaikan oleh guru berbeda-beda sehingga siswa belum paham apa yang diinstruksikan oleh guru. Perbedaan status sosial pada siswa juga mempengaruhi hak dan akses digital siswa secara sama rata,”sehingga kurang mendukung sarana menunjang pengembangan digital citizenship.“Tertinggalnya guru PKn dalam hal penggunaan teknologi dengan siswanya, dikhawatirkan membuat guru tidak mampu mengontrol aktivitas digital siswa.”Solusi untuk menghadapi hambatan tersebut ialah, internalisasi nilai-nilai karakter yang dilakukan oleh guru” terutama bagaimana melakukan pengembangan  digital citizenship “tidak hanya fokus pada materi saja namun juga merambah ke aspek afektif siswa. Serta perlunya intensivitas dan kontinuitas internalisasi nilai-nilai karakter karena siswa pada dasarnya selalu butuh bimbingan.


Kata Kunci: Digital citizenship, IPTEK, Bhinneka Tunggal Ika

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Machmud AR., S.H., M.Si.
2. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.S.I.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP