Penulis Utama : Rizki Igun Prayogi
NIM / NIP : K6414048
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perilaku pemilih masyarakat di Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019; 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku pemilih masyarakat di Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Simpulan hasil penelitian: 1) Perilaku pemilih pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di Desa Ketitang termasuk dalam kategori pemilih tradisional, pemilih rasional, pemilih kritis dan pemilih skeptis. Dengan demikian perilaku pemilih di Desa Ketitang Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali memiliki semua ciri dari kategori pemilih dalam pemilihan umum. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih dari pendekatan sosiologis antara lain sosial, budaya, pendidikan, pekerjaan, jenis kelamin dan usia. Sedangkan dari pendekatan psikologis yaitu adanya political involvement dan party identification. Serta terdapat faktor rational choice yang mempengaruhi seseorang dalam menjatuhkan pilihan.

Kata Kunci : Perilaku pemilih, pemilihan umum, faktor yang mempengaruhi perilaku pemilih

 

×
Penulis Utama : Rizki Igun Prayogi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414048
Tahun : 2020
Judul : Perilaku Pemilih pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 (Studi Kasus di Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6414048 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.Si.
2. Dr. Winarno, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.