Penulis Utama : Aning Asmaiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415005
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Adat Rajaban Dalam Menampilkan Nilai-Nilai Persatuan di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6415005 - 2020
Subyek : IMPLEMENTASI ADAT RAJABAN, NILAI-NILAI PERSATUAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Bagaimana Implementasi Adat Rajaban dalam Menampilkan Nilai-nilai Persatuan di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. 2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Adat Rajaban dalam Menampilkan Nilai-nilai Persatuan di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan metode. Sedangkan analisis data menggunakan  analisis data model interaktif yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Implementasi Adat Rajaban di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati yaitu diantaranya melalui: a) Pasar Malam menampikan nilai-nilai persatuan yaitu menjaga rasa persatuan dan kesatuan dengan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi, menjalin toleransi dan rasa kemanusiaan dengan hidup berdampingan secara harmonis; b) Turnamen Bola Voli menampilkan nilai-nilai persatuan yaitu dapat menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, saling tolong-menolong, dan rasa nasionalisme; c) Pawai dan Karnaval menampilkan nilai-nilai persatuan yaitu saling menghormati, mengakui, menghargai dan menyatukan masyarakat dengan berbagai macam perbedaan yang ada, menyatukan perbedaan menjadi sebuah persatuan dan kesatuan yang utuh, serasi dan berjalan selaras. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan rangkaian acara Adat Rajaban di Desa Prawoto. Faktor pendukung diantaranya yaitu: a) Partisipasi aktif masyarakat dalam melaksanakan Adat Rajaban, b) Keterbukaan pengurus/panitia dengan masyarakat, c)  Kekompakan pengurus/panitia Adat rajaban serta kerjasama petugas keamanan, d) Perizinan yang mudah, e) Dilakukan promosi dan  sponsorisasi, f) Kesadaran masyarakat terhadap arti penting, tujuan, serta manfaat pelaksanaan Adat Rajaban, g) Cuaca yang cerah. Faktor penghambat terbagi menjadi faktor internal: a) Sumber Pendanaan, b) Kedisiplinan masyarakat; dan faktor eksternal: a) Perbedaan persepsi antara dua kubu, b) Cuaca buruk.

Kata Kunci: Implementasi Adat Rajaban, Nilai-nilai Persatuan.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H., M.A
2. Dr. Dewi Gunawati, S.H., M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP