Penulis Utama : Nurul Latifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415040
Tahun : 2020
Judul : Pembentukan Warga Negara Ekologis Dalam Pengelolaan Lingkungan (Studi di Kampung Jatirejo Kelurahan Mojosongo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6415040 - 2020
Subyek : PEMBENTUKAN, WARGA NEGARA EKOLOGIS, PENGELOLAAN LINGKUNGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pembentukan warga negara ekologis dalam pengelolaan lingkungan di Masyarakat Jatirejo Kelurahan Mojosongo, 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan warga negara ekologis dalam pengelolaan lingkungan di Masyarakat Jatirejo Kelurahan Mojosongo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi & studi dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis.
Hasil penelitian : 1) Pembentukan warga negara ekolgis dalam pengelolaan lingkungan di Masyrakat Jatirejo antara lain : Pembentukan warga negara ekologis melalui partisipasi Masyarakat Jatirejo dalam Program Kerja Bakti, pembentukan warga negara ekologis melalui biaya pengangkutan sampah dan pembentukan arga negara ekologis melalui pengelolaan sampah organik dan anorganik. 2) Faktor pendukung dan penghambat pembentukan warga negara ekologis dalam pengelolaan lingkungan di Masyarakat Jatirejo antara lain : kesadaran diri terhadap pengelolaan lingkungan, diadakan Kerja bakti rutin di Kampung Jatirejo, membersihkan lingkungan sekitar rumah setiap hari, adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, diadakannya Program Tempat Sampah di masing-masing rumah dari pemerintah, adanya petugas sampah yang mengambil sampah ditiap-tiap rumah. Adapun faktor Penghambatnya antara lain : tidak peduli terhadap kebersihan lingkungan, banyak sampah yang berserakan di lingkungan warga Kampung Jatirejo, mobil sampah berlalu lalang setiap hari tanpa henti, lingkungan yang kumuh banyak polusi, tidak ada program khusus dari pemerintah untuk menjaga lingkungan di Kampung jatirejo.


Kata Kunci : Pembentukan, Warga Negara Ekologis, pengelolaan Lingkungan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, S.H., M. Hum.
2. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP