Penulis Utama : Rizki Wahyu Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415049
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Lanjutan Alam Bengawan Solo (SLABS) Melalui Program Magang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6415049 - 2020
Subyek : PENDIDIKAN KARAKTER, TANGGUNG JAWAB, PROGRAM MAGANG
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengembangan karakter tanggung siswa SLABS melalui program magang; dan 2) faktor penghambat dan pendukung pengembangan karakter tanggung jawab siswa SLABS melalui program magang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari informan, tempat, kegiatan, dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut:(1) persiapan, (2) pengumpulan data, (3) analisis data, (4) penyusunan laporan.
Simpulan hasil penelitian: 1) pengembangan karakter tanggung jawab siswa SLABS yang dilakukan melalui program magang dimulai dari tahapan magang a) perencanaan magang, ditunjukkan dengan siswa berinisiatif dalam mengerjakan proposal tanpa kecurangan, siswa belajar mengenai karakter tanggung jawab dengan adanya materi pembekalan magang yang diberikan oleh fasilitator, siswa mengumpulkan proposal tepat waktu kepada fasilitator dan tempat magang, b) pelaksanaan magang, yang ditunjukkan dengan kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian, c) evaluasi pasca magang, yang ditunjukkan dengan siswa membuat laporan kegiatan magang tanpa kecurangan, siswa mempresentasikan laporan magang untuk mempertanggungjawabkan kegiatan magang siswa. Metode dalam pengembangan karakter tanggung jawab yang ditemukan di penelitian ini melibatkan fasilitator dan juga pemilik tempat atau pembimbing selama siswa magang. Pengembangan karakter tangung jawab siswa SLABS melalui program magang menggunakan beberapa metode yaitu cara pembiasaan, reward dan punishment, penugasan dalam magang, keteladanan, dan juga diskusi. 2) faktor penghambat dan pendukung pengembangan karakter tanggung jawab siswa SLABS dapat dibagi menjadi dua, yaitu internal dan eksternal.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Tanggung Jawab, Program Magang

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I .pdf
BAB II.pdf
BAB III .pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, S.H., M. Hum.
2. Rima Vien Permata H, S.H, M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP