Penulis Utama : Suryan Abdul Mujib
NIM / NIP : K6415057
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1)     upaya revitalisasi seni ketoprak sebagai sarana membangun sikap toleransi di Unit Pengembangan Kesenian Daerah; 2) pembentukan civic engagement dalam upaya revitalisasi seni ketoprak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpuan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian ini adalah: Revitalisasi seni ketoprak dapat digunakan sebagai sarana membangun sikap toleransi untuk pemain ketoprak maupun penonton ketoprak melalui 3 (tiga) tahap. 1) pra pementasan; 2) pementasan; 3) pasca pementasan. Ketiga tahap tersebut didalamnya diajarkan dan dibiasakan untuk saling menghargai dan menghormati sesama individu. Penonton juga mampu menyerap nilai-nilai moral yang terkandung dalam pementasan ketoprak yang diwujudkan dalam bentuk rangkaian adegan. UKM UPKD FKIP UNS melakukan revitalisasi seni ketoprak yang menghasilkan a) regenerasi pemain; b) cerita yang diminati oleh kaum milenial; c) bahasa yang komunikatif; d) penggarapan teatrikal yang kreatif dan berbeda; e) penggunaan teknologi modern seperti publikasi pementasan secara online, setting panggung yang realis, dan  lighting. 2) Pembentukan civic engagement dalam upaya revitalisasi seni ketoprak di UKM UPKD FKIP UNS diwujudkan dalam bentuk civic engagement as community service dan civic engagement as collective action.  dengan  indikator civic activites.

Kata Kunci: Civic Engagement, Toleransi, Revitalisasi Seni Ketoprak.

 

×
Penulis Utama : Suryan Abdul Mujib
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415057
Tahun : 2020
Judul : Revitalisasi Seni Ketoprak Sebagai Sarana Membangun Sikap Toleransi: Kajian Civic Engagement di Unit Pengembangan Kesenian Daerah FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6415057 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, S.H., M. Hum.
2. Dr. Winarno, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.