Penulis Utama : Arin Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416011
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Program Griya Peduli Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta Dalam Mendukung Pemenuhan Hak Kesehatan Bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416011 - 2020
Subyek : PROGRAM GRIYA PEDULI, HAK KESEHATAN, ODGJ
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui: 1) Pemenuhan hak kesehatan
bagi ODGJ melalui program Griya Peduli PMI Kota Surakarta; 2) Dampak program
Griya Peduli PMI Kota Surakarta terhadap pemenuhan hak kesehatan bagi ODGJ ;
3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program Griya
Peduli PMI Kota Surakarta terhadap pemenuhan hak kesehatan bagi ODGJ.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: 1) Pemenuhan hak kesehatan bagi ODGJ melalui program Griya Peduli PMI Kota Surakarta dilaksanakan melalui pelayanan medis dan nonmedis. Pelayanan medis dilaksanakan dengan check up rutin dan rujukan ke rumah sakit. Pelayanan nonmedis dilaksanakan dengan senam sehat, jalan sehat, kelas ketrampilan, kegiatan rohani, ruqiyah, kegiatan yang menunjang kebersihan dan perawatan diri, menggambar dan mewarnai, mendongeng, serta penyediaan lingkungan yang kondusif. 2) Dampak program Griya Peduli PMI Kota Surakarta terhadap pemenuhan hak kesehatan bagi ODGJ terlihat adanya perubahan dari kesehatan, perubahan pengetahuan, serta perubahan keterampilan. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program Griya Peduli PMI Kota Surakarta terhadap pemenuhan hak kesehatan bagi ODGJ. Faktor pendukung terdiri dari aspek: a) Kapasitas implementor; b) Kecukupan anggaran; c) Kondisi geografis dan sosial tempat implementasi. Faktor penghambat dalam implementasi program berupa faktor kondisi politik tempat implementasi program yakni belum maksimalnya dalam pemberian pelayanan medis berupa check up rutin keseluruhan ODGJ karena terbatasnya KIS.

Kata Kunci: program griya peduli, hak kesehatan, ODGJ

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Hendri Nuryadi, S.Pd, M.Sc
2. Rima Vien Permata H, S.H, M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP