Penulis Utama : Siska Fitri Anggraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416058
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom Terhadap Civic Literacy Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6416058 - 2020
Subyek : GOOGLE CLASSROOM, CIVIC LITERACY, CIVIC EDUCATION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis google classroom terhadap civic literacy siswa pada kompetensi dasar menganalisis ancaman terhadap negara dan upaya penyelesaiannya di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan pada kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Desain penelitian ini adalah eksperimental semu dengan model nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sukoharjo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 69 siswa yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan uji-t yang sebelum pengujian harus memenuhi uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan model Lilliefors dan uji homogenitas dengan model Bartlett.
Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran berbasis google classroom memiliki kontribusi terhadap civic literacy siswa yang ditunjukan dari hasil post-test kelas eksperimen sebesar 80,1 sedangkan kelas kontrol sebesar 75,6. Besaran pengaruh sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran berbasis google classroom dengan uji n-Gain sebesar 0,39 yang berada pada kategori sedang, Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan  media  pembelajaran  berbasis  google  classroom  bukanlah  faktor utama dalam mempengaruhi civic literacy siswa, namun terdapat 0,61 yang dipengarui oleh faktor lain yaitu faktor lingkungan, faktor fisiologis, faktor psikologis dan faktor instrumental.

Kata Kunci : Google Classroom, Civic Literacy, Civic Education

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
2. Wijianto, S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP