Penulis Utama : Wigan Anggit Utomo
NIM / NIP : K7113226
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui penggunaan model desain pembelajaran ASSURE.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles&Huberman) yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model ASSURE nilai rata-rata siswa menunjukkan peningkatan dari pratindakan 66,4 menjadi 75 pada siklus I dan meningkat menjadi 81,8 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 40% pada pratindakan menjadi 76% pada siklus I dan meningkat menjadi 92% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model desain pembelajaran ASSURE dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.

Kata Kunci: ASSURE, Kemampuan Menulis Puisi.

 

×
Penulis Utama : Wigan Anggit Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113226
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Desain Pembelajaran Assure untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Mukiran 04 Tahun Ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7113226 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Matsuri, M.Pd.
2. Dra. Sularmi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.