Penulis Utama : Khafidhatun Nafi’ah
NIM / NIP : K7115087
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan modelQuantum Teaching dengan multimedia dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang kegiatan jual beli; (2) meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan jual beli melalui penerapanmodelQuantum Teaching dengan multimedia; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan modelQuantum Teaching dengan multimedia dalam peningkatan hasil belajar IPS tentang kegiatan jual beli pada siswa kelas III SDNegeriDilem tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan selama tiga siklus dengan lima pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDNegeri Dilem tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 siswa. Sumber data yang digunakan yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Quantum Teaching dengan multimediadilaksanakan dengan langkah-langkah (a) tumbuhkan dengan multimedia, (b) alami dengan multimedia, (c) namai dengan multimedia, (d) demonstrasi, (e) ulangi, dan (f) rayakan dengan multimedia; (2) penerapan modelQuantum Teaching dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan jual beli pada siswa kelas III SDNegeri Dilem tahun ajaran 2018/2019, dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 57,69% pada siklus I; pada siklus II meningkat menjadi 78,85%; dan pada siklus III meningkat menjadi 88,46%; (3) kendala dalam penelitian yaitu: dominan siswa pasif dan tidak terdapat timbal balik pada saat tanya jawab. Adapun solusi yang diberikan peneliti adalah guru memberikan motivasi dan dan memberikan reward pada anak yang aktif.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dengan multimediadapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan jual belipada siswa kelas III SDNegeriDilem tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Quantum Teaching, Multimedia, Hasil Belajar IPS

 

×
Penulis Utama : Khafidhatun Nafi’ah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115087
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Quantum Teaching dengan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Kegiatan Jual Beli pada Siswa Kelas III SD Negeri Dilem Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7115087 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti S., M.Pd.
2. Drs. M. Chamdani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.