Penulis Utama : Anjar Wijiatmiko
NIM / NIP : K7116018
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu : (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan, (2) meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dailaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen yang berjumlah 39 siswa. Data yang digunakan berupa data  kualitatif yaitu tentang penerapan model Quantum Teaching dan data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif, sedangkan teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA dilaksanakan menggunakan langkah-langkah : (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan (e) ulangi, dan (f) rayakan; (2) penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020 dengan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 85,89%, siklus II sebesar 91,02%, dan siklus III  sebesar 94,87% ; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu : (a) guru kesulitan dalam mengkondisikan siswa, (b) siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dengan penuh perhatian, (c) siswa cenderung kurang aktif dalam penyampaian pendapat dan bertanya, (d) terdapat siswa yang membuat kegaduhan, dan (e) siswa kurang tenang saat menerima soal dan tidak mengecek kelengkapan soal. Adapun solusi untuk mengatasi kendala di atas yaitu : (a) memberikan motivasi kepada siswa, (b) mengondisikan siswa dengan baik, (c) memberikan contoh dan motivasi agar siswa lebih percaya diri, (d) menegur siswa dan melakukan ice breaking, dan (e) menegur siswa yang gaduh dan mengingatkan siswa untuk mengecek kelengkapan soal setelah soal dibagikan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema peristiwa dalam kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Lerepkebumen tahun ajaran 2019/2020

Kata Kunci : Quantum Teaching, hasil belajar, IPA

 

×
Penulis Utama : Anjar Wijiatmiko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116018
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Peristiwa Dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SD Negeri Lerepkebumen Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116018 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.