Penulis Utama : Devya Alda Fauzia
NIM / NIP : K7116035
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan cara menerapkan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) yang dapat meningkatkan keaktifan belajar pada pembelajaran IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri Ngadipurwo Kabupaten Blora.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus dilakukan berdasarkan berbagai langkah berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang tergabung menjadi sebuah rangkaian yang dinamakan siklus. Subjek penelitian ini terdiri atas guru kelas IV SD Negeri Ngadipurwo Blora dan seluruh peserta didik dari kelas IV SD Negeri Ngadipurwo Blora yang berjumlah 21 peserta didik.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik validitas data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisi data yang digunakan dala penelitian ini adalah teknik analisis interaktif dari Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data penelitian, penyajian data penelitian, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model GNT dapat meningkatan kualitas proses pembelajaran IPS dapat dibuktikan dari peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada kelima indikatornya dari pratindakan meningkat pada siklus I, dan kembali meningkat pada siklus II. Kelima indikator keaktifan belajar pada penelitian ini terdiri atas aspek memperhatikan dan menuliskan materi, mengajukan pertanyaan, menyampaikan pendapat atau ide, berdiskusi dalam pemecahan masalah secara klasikal, dan mempresentasikan hasil belajar. Selain itu, penerapan model GNT dapat meningkatkan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan ketuntasan klasikal pada pratindakan sebesar 61,90% meningkat pada siklus 1 menjadi 76,19%, dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 85,71%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Ngadipurwo tahun ajaran 2019/2020 dalam pembelajaran IPS.

Kata Kunci: model pembelajaran Guided Note Taking, keaktifan belajar, pembelajaran IPS
 

 

×
Penulis Utama : Devya Alda Fauzia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116035
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keaktifan Belajar Dalam Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Ngadipurwo Blora Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116035 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.