Penulis Utama : Dhimas Ilham Kristanto
NIM / NIP : K7116038
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara kemandirian belajar siswa dan hasil belajar matematika dan mengukur besarnya sumbangan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penenltian ini adalah seluruh siswa kelas V di 59 SDN se-Kecamatan Kebumen yang berjumlah 1598 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 351 siswa kelas V di dua belas SDN se-Kecamatan Kebumen yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji prasyarat menggunakan uji linieritas  dan  normalitas.  Analisis  data  yang  digunakan  yaitu  uji  korelasi sederhana dan sumbangan efektif (SE) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penenltian ini menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen (nilai Sig. 0,000 < 0>Berdasarkan  hasil  penelitian  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa  ada korelasi positif dan signifikan antara kemandirian belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN se-Kecamatan Kebumen tahu ajaran 2019/2020. Hasil peneltian ini telah sesuai dengan teori yang ada dan didukung pula dengan peneltian yang relevan.

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika

 

×
Penulis Utama : Dhimas Ilham Kristanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116038
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Se Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116038 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
2. Dr. Suhartono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.